Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Dibuka, Jalur Pendakian TWA Gunung Marapi Kini Dikenal Proklamator

Bung Hatta pernah mendirikan pesanggrahan sebagai persembunyian di lereng Gunung Marapi tepatnya di Nagari Batu Palano
Gunung Merapi, Sumatra Barat/Bisnis-Muhammad Noli Hendra
Gunung Merapi, Sumatra Barat/Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat meresmikan jalur pendakian Gunung Merapi yang sebelumnya sempat ditutup. Seiring dengan itu jalur pendakian itu kini diberi nama jalur Proklamator.

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono mengatakan alasan penamaan jalur Proklamator menuju Gunung Merapi itu, sebagai bentuk menghormati Sang Proklamator Bung Hatta.

"Dari sejarahnya itu, pada masa-masa genting kemerdekaan dulu, Bung Hatta pernah mendirikan pesanggrahan sebagai persembunyian di lereng Gunung Marapi. Tepatnya di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam," katanya, Minggu (30/10/2022).

Dia menyebutkan adanya penggunaan nama jalur pendakian itu yang kini dikenal jalur Proklamator, juga telah mendapat dukungan dan kesepakatan bersama ninik mamak dari lima nagari/desa yang terlibat, yaitu Batu Palano, Koto Baru, Aia Angek, Pariangan dan Koto Rantang.

Demikian pula dengan upaya edukasi wisata pendakian, dilakukan dengan melibatkan kelima nagari tersebut dalam Forum Jasa Wisata TWA Marapi Singgalang Tandikek yang dideklarasikan 28 September 2022 lalu.

"Kita semua dan anak-anak muda ingin mengembangkan Taman Wisata Alam Marapi Singgalang Tandikek ini," ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Forum Jasa Wisata TWA Marapi Singgalang Tandikek misalnya membuat SOP pendakian.

Kini setelah peluncuran Jalur Proklamator, pendaki tidak diperbolehkan mendaki di malam hari, menetapkan kuota pendaki, serta membatasi izin pendakian yang diberikan selama dua hari saja.

Menurutnya hal tersebut bertujuan untuk menjaga keselamatan pendaki, memberikan waktu bagi alam untuk pemulihan, serta mendorong pergerakan ekonomi masyarakat setempat. Khususnya dengan menyediakan jasa antar jemput pendaki maupun homestay.

"Kita di BKSDA juga berencana akan membangun gedung information center, spot glamping, hingga kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Agam untuk memugar pesanggrahan Bung Hatta yang terdapat di lereng gunung," ujarnya.

Rencana itu mendapat respons yang baik dari Pemkab Agam. Bupati Agam Andri Warman, mengatakan, akan membuka peluang dalam mengembangkan wisata minat khusus di Sumbar, khususnya Kabupaten Agam.

"Tentu SDM-nya harus profesional, dengan tetap menjaga kebersihan, keasrian dan kelestarian alam," katanya.

Sejalan dengan program Pemprov Sumbar Visit Beautiful West Sumatera 2023, dia mengajak pelaku wisata berperan sesuai bidang masing-masing dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Apalagi kita miliki objek wisata yang lengkap, ada gunung, danau, ngarai, laut dan lainnya. Tinggal bagaimana kita bisa menarik wisatawan untuk berkunjung," katanya.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang hadir untuk meresmikan pendakian TWA Gunung Marapi mengatakan nama jalur tersebut sangat spesial. Baginya hal tersebut mengingatkan banyak orang bahwasannya Muhammad Hatta atau Bung Hatta pernah ke Gunung Merapi.

Menurut dengan adanya nama jalur pendakian yang baru diresmikan itu, akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung karena ada unsur sejarah yang dimiliki.

"Edukasi terhadap pendaki juga penting. Jadi saya meminta Pokdarwis perlu untuk dibina dengan baik, karena kunci kemajuan pariwisata tergantung SDM seperti halnya Pokdarwis," jelasnya.

"Begitu juga dengan keselamatan pendaki, harus menjadi salah satu faktor utama. Bagaimana mereka bisa selamat pulang dan pergi," kata Audy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper