Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertanian Jadi Sektor Penopang Pertumbuhan Ekonomi Sumbar

Sektor pertanian menjadi sektor penting di Sumbar, karena lebih 50 persen penduduk bergerak di sektor pertanian dari hulu dan hilir.
Seorang petani tengah membajak sawah di daerah Koto Tangah, Padang, Sumatra Barat./Bisnis-Muhammad Noli Hendra
Seorang petani tengah membajak sawah di daerah Koto Tangah, Padang, Sumatra Barat./Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah mengalokasikan 10 persen APBD 2022 untuk mendukung kemajuan pertanian serta sektor lainnya yang berkaitan dengan program unggulan Gubernur Sumbar.

Perhatian penuh ini, direspons baik oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi. Menurutnya perhatian dan komitmen Pemprov Sumbar pada sektor pertanian merupakan langkah yang tepat.

"Sektor pertanian menjadi sektor penting di Sumbar, karena lebih 50 persen penduduk bergerak di sektor pertanian dari hulu dan hilir," katanya, Jumat (28/10/2022).

Dia menyampaikan dengan adanya perhatian penuh Pemprov Sumbar terhadap pertanian itu, turut menjadi bagian hal yang paling didukung oleh DPRD Sumbar, agar meningkat produktivitasnya akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

Supardi menegaskan sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih kepada petani, karena memang harus didukung, dengan demikian pemerintah turut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.
 
"Sangat banyak masyarakat di Sumbar yang memiliki mata pencaharian sebagai petani. Tapi di satu sisi berharap, bertanilah dengan baik, sehingga bisa mendapatkan kualitas produksi yang baik pula," harapnya.

Selain itu, Supardi menjelaskan, mendukung kemajuan pertanian juga merupakan upaya untuk memastikan kehidupan masyarakat tentram dan sejahtera.

"Jika pertanian kita produktif maka ketahanan pangan untuk masyarakat akan terjaga. Masyarakat pun menjadi tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan," katanya lagi.

Bahkan pemerintah pusat telah mengatur tentang keharusan semua daerah di Indonesia untuk menganggarkan dana 10 persen dari APBD masing-masing untuk sektor pertanian.

Dikatakannya hal tersebut selalu diupayakan DPRD dan pemprov dalam menyusun anggaran setiap tahunnya. "Semoga produktivitas pertanian akan terus bisa dipacu meningkat. Sehingga bisa membawa kehidupan petani menjadi lebih sejahtera," ungkapnya.

Namun Supardi berharap petani bisa bekerja dengan total. Hasil pekerjaan sebagai petani menurut dia akan lebih baik jika dikerjakan dengan fokus.

Dia melihat agar sektor pertanian bisa maju dan berkembang, selain perlu dukungan pemerintah, faktor utama penentu adalah keseriusan petani dalam mengelola lahan pertanian.

Sementara bicara dukungan, pemerintah berkomitmen untuk mendukung pertanian. Seperti ketersediaan bibit yang bagus, pupuk, alat produksi, jalan pertanian, perbaikan irigasi dan sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper