Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perantau Sumbar Bakal Bangun Restoran Masakan Padang di Norwegia

Komunitas perantau Sumbar akan mendirikan rumah makan Padang di Norwegia dan menyediakan menu Nasi Padang di berbagai restoran di negara Skandinavia tersebut.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  23:41 WIB
Perantau Sumbar Bakal Bangun Restoran Masakan Padang di Norwegia
Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi (kanan) berbicang dengan perantau asal Pariaman yang selama ini di Norwegia Emmy Jorgensen (tengah) dalam pertemuan di Istana Gubernuran di Padang - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Perantau asal Pariaman, Sumatra Barat, Emmy Jorgensen, menyampaikan keinginannya untuk mendirikan rumah makan dengan masakan khas Minangkabau di Norwegia.

Ia menyebutkan setelah sekian lama berada di Norwegia dan melihat viralnya lagu Nasi Padang yang dibawakan oleh Audun Kvitland pada tahun 2017, membuat dirinya semakin rindu dengan kuliner Minangkabau.

"Dulu ada lagu Nasi Padang oleh Audun Kvitland, viral pada 2017 lalu. Jadi rasanya saya ingin tahu tentang Nasi Padang dan Minangkabau secara umum sangat tinggi. Namun informasi tentang itu masih sangat minim bagi saya," ujarnya di Padang, Senin (10/10/2022).

Diakuinya saat ini tengah menyiapkan mendirikan rumah makan Padang di Norwegia, termasuk menyediakan menu Nasi Padang di berbagai restoran di Norwegia.

Karena itu, Emmy bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, saat ini tengah menyiapkan program magang bagi 100 orang untuk magang 5 bulan di Norwegia dan negara-negara lain di Skandinavia dan Eropa.

"Makanya saya datang ke kampung halaman ini, bertemu langsung dengan gubernur, agar keinginan mendirikan Rumah Makan Padang di luar negeri bisa terwujud," harap dia.

Seiring dengan itu, Emmy menyatakan di Norwegia juga akan digelar pameran pariwisata dan kuliner pada Februari 2023. Peluang itu sangat baik diambil oleh Pemprov Sumbar agar ikut pameran produk di Norwegia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan pameran di Norwegia itu merupakan peluang yang baik bagi Sumbar untuk memperkenalkan produk unggulan ke dunia. Setidaknya bakal ada 3 produk yang bakal ikut ke Norwegia.

"Kita rencananya akan mengikutsertakan produk rendang melalui bumbu randangnya, coklat, dan kopi," katanya.

Menurut gubernur, selain ketiga komoditi tersebut, Pemprov Sumbar akan mengupayakan bisa menambah beberapa komoditi lainnya, termasuk kerajinan dan rempah untuk bisa ditawarkan dalam pameran tersebut.

"Kita akan siapkan apa saja persyaratannya, termasuk mengirim sampel-sampelnya. Ini suatu kesempatan luar biasa yang ditawarkan Norwegia melalui Emmy Jorgensen berkoordinasi dengan dinas terkait. Ini berkah yang harus kita manfaatkan. Termasuk juga kita akan koordinasikan dengan Minang Diaspora," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner nusantara nasi padang ukm restoran norwegia
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top