Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JELAJAH MIGAS RIAU: Didukung PHE Siak, SMPN 2 Tanah Putih Incar Penghargaan Adiwiyata

Pembinaan dan dukungan PHE Siak bagi sekolah itu dalam mewujudkan sekolah peduli dan ramah lingkungan sudah berjalan sejak 2018 lalu.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  23:12 WIB
JELAJAH MIGAS RIAU: Didukung PHE Siak, SMPN 2 Tanah Putih Incar Penghargaan Adiwiyata
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tanah Putih Rusdawani (kanan), menunjukkan green house atau rumah kaca kepada Communication Relations & CID Officer Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 1 Renita Yulia Kuswindriati (tengah) dan Ferdy Ramadhana (kiri), yang merupakan bantuan PHE Siak untuk program Sekolah Adiwiyata, Jumat (12/8/2022). Setelah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Rohil dan Provinsi Riau, kini sekolah itu menargetkan meraih penghargaan serupa di tingkat nasional. - Bisnis/Arif Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU - SMP Negeri 2 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir menargetkan bakal meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat nasional, usai memenangkan penghargaan tingkat provinsi pada 2021 lalu. Upaya itu mendapatkan dukungan penuh oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) Siak

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tanah Putih Rusdawani menjelaskan pembinaan dan dukungan PHE Siak bagi sekolah itu dalam mewujudkan sekolah peduli dan ramah lingkungan sudah berjalan sejak 2018 lalu.

"Kami sudah mendapatkan bimbingan, dukungan, hingga pembangunan infrastruktur terkait dalam penilaian Sekolah Adiwiyata oleh PHE Siak sejak 2018 lalu, dengan beragam program diantaranya pembangunan infrastruktur dan peningkatan kapasitas para pengajar," ujarnya kepada tim Jelajah Migas Riau, Jumat (12/8/2022).

Dia menyebutkan beberapa pembangunan indrastruktur yang dibantu oleh PHE Siak diantaranya bak sampah, mesin pencacah sampah, green house atau rumah kaca untuk penanaman tanaman obat keluarga (Toga), lalu ada juga pembangunan pagar di sekeliling sekolah.

Selain membangun infrastruktur, para pengajar di sekolah itu juga mendapatkan pelatihan bagaimana mengelola sampah dan menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, sehingga pada pendidik mampu menularkan semangat itu kepada para siswa.

"Banyak manfaat yang kami rasakan di sekolah dengan adanya dukungan dari PHE Siak untuk program Sekolah Adiwiyata ini, yang tentunya akan mendorong generasi muda untuk peduli lingkungan sekitar," ujarnya.

Sementara itu Communication Relations & CID Officer Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 1 Renita Yulia Kuswindriati mengatakan setelah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, lalu di tingkat provinsi pada tahun lalu, kini pihaknya berharap SMP Negeri 2 Tanah Putih bisa meraih penghargaan itu di tingkat nasional.

"Untuk ke tingkat nasional kami sudah menyiapkan program pendukung dan inovasi untuk kelestarian lingkungan, rencananya kami akan membuat solar panel di sekolah," ujarnya.

Renita mengakui pentingnya meningkatkan pemahaman tentang kepedulian lingkungan kepada generasi muda, sehingga dengan program Sekolah Adiwiyata ini, bisa mendorong tumbuhnya kesadaran secara komunal mulai dari tenaga pendidik, para siswa, hingga masyarakat di sekitar sekolah.

Dia menambahkan kepedulian terhadap lingkungan, tidak tercipta dengan waktu yang singkat. Karena itulah kepedulian dan kesadaran menjaga lingkungan dapat tumbuh melalui proses yang dimulai dari bibit-bibit generasi muda.

Adapun program Jelajah Migas Riau merupakan kolaborasi SKK Migas Sumbagut dan Bisnis Indonesia, dan didukung penuh oleh 9 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas di wilayah Riau. 

Perusahaan tersebut adalah Pertamina Hulu Rokan, EMP Bentu Ltd, Imbang Tata Alam, BOB BSP-Pertamina Hulu, PHE Siak, Texcal Mahato Ltd, PHE Kampar, Pertamina EP Lirik, dan SPR Langgak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jelajah pertamina hulu energi PT Pertamina Hulu Energi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top