Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Menjadi Target Sumbar untuk Promosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan ada satu daerah yang menjadi target untuk mempromosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023 itu, yakni Provinsi Jawa Barat.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 29 Juli 2022  |  17:20 WIB
Jabar Menjadi Target Sumbar untuk Promosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023
Gubernur Sumbar Mahyeldi

Bisnis.com, PADANG - Promosi Visit Beautiful West Sumatra 2023 terus digencarkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan ada satu daerah yang menjadi target untuk mempromosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023 itu, yakni Provinsi Jawa Barat.

"Kenapa Jabar, karena dari data kunjungan wisatawan domestik yang datang ke Sumbar itu, ternyata terbanyak datang dari Jabar. Nah, sekarang kita ada Visit Beautiful West Sumatra 2023, sudah tepat bila kita promosikan ke Jabar," kata gubernur, Jumat (29/7/2022).

Dia menjelaskan angka kunjungan wisatawan domestik di tahun 2019 menunjukan wisatawan dari Jawa Barat yang masuk ke Sumbar itu mencapai 47 juta orang.

Sehingga Sumbar melihat dengan menjelajah ke Jabar itu, memiliki potensi promosi efektif, dalam mempromosikan Visit Beautiful West Sumatra.

"Jika bisa, ada kerja sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat," ujarnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo menambahkan, promosi yang bisa dilakukan itu berupa pemasangan baliho dan media promosi milik Pemprov Jabar.

Menurutnya bila hal ini mendapat respons yang baik dari Pemprov Jabar, maka akan mewujudkan sebuah kolaborasi. Artinya Sumbar dan Jabar, bisa saling berbagi event dan promosi.

"Rencana kita, Sumbar dan Jabar bisa saling dukung, terkait program-program kegiatan dibidang pariwisata, seperti pengembangan destinasi wisata, pengembangan ekonomi kreatif, pelaksanaan pameran, pagelaran dan pertunjukan budaya, peningkatan kapasitas SDM (seniman dan budayawan) dalam kreativitas seni dan budaya," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Sumbar, Taufik Ramadhan, juga mengatakan, rencana untuk mempromosikan Visit Beautiful West Sumatra 2023 ke Jabar adalah langkah yang tepat. Karena potensi wisata Sumbar, sangat mudah diterima masyarakat Jabar.

"Ini bisa dikolaborasikan dengan pemanfaatan ruang-ruang publik, tiang baliho serta media promosi digital milik Jabar," sebutnya.

Menanggapi hal itu, sebelumnya pada rapat di Padang pada Rabu (27/7), Kepala Bagian Kerjasama Provinsi Jabar, Palupi Indah Gardina, mengatakan Pemprov Jabar sangat menyambut baik usulan kerjasama yang disampaikan oleh Pemprov Sumbar tersebut.

Dia berharap rencana tersebut bisa dieksekusi secepatnya, sehingga bisa memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat kedua daerah.

Menurutnya Sumbar dan Jawa Barat memiliki banyak kesamaan karakteristik, mulai dari kondisi geografis yang bisa dieksplor menjadi potensi pariwisata, potensi pertanian dan perdagangan.

"Nilai-nilai adat dan budaya seharusnya bisa dikolaborasikan," ujarnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar Pariwisata wisatawan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top