Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AIBRHUB Rangkul UMKM di Sumbar untuk Ekonomi Bangkit

Direktur AIBRHUB for Indonesia Sari Lenggogeni mengatakan pihaknya berkeinginan agar ekonomi para UMKM di Sumbar bisa kembali bergairah dan sendi-sendi ekonomi pun diharapkan membaik.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  18:35 WIB
Ilustrasi UMKM - surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM - surakarta.go.id

Bisnis.com, PADANG - Australia Indonesia Business Resilience Hub (AIBRHUB) yang merupakan program kerja sama antara Indonesia dan Australia bakal menggelar kegiatan workshop di Kota Padang, Sumatra Barat, yang bertujuan untuk membantu para UMKM dalam kondisi pandemi Covid-19.

Direktur AIBRHUB for Indonesia Sari Lenggogeni mengatakan AIBRHUB berkeinginan agar ekonomi para UMKM di Sumbar bisa kembali bergairah dan sendi-sendi ekonomi pun diharapkan membaik.

"Workshop itu nantinya para UMKM akan diberi pemahaman dalam hal competition business resilience, business story telling, serta coaching dan mentoring," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/6/2022).

Menurutnya dengan hadirnya AIBRHUB di Sumbar, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM di sektor pariwisata dalam menangani krisis.

Sari Lenggogeni yang juga sebagai Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar itu mengatakan, adanya AIBRHUB di satu sisi bisa mempromosikan pariwisata di Sumbar.

"Selama ini dapat dilihat rata-rata wisatawan Australia ini banyak datang ke Bali. Padahal kalau bicara pantai, Sumbar ini juga bagus dan tak kalah menarik dari Bali, seperti Mandeh di Pesisir Selatan dan juga pantai di Mentawai," ucapnya.

Untuk itu, selain UMKM dapat diberi motivasi dan ide-ide yang cemerlang untuk bangkit menjalani usaha, di satu sisi juga bisa mempromosikan pariwisata di Sumbar.

"UMKM ini tidak bisa lepas dengan pariwisata. Makanya harus beriringan jalannya. Ingin wisata ramai dikunjungi, maka UMKM harus bagus pula," sebutnya.

Sari Lenggogeni mengatakan workshop yang akan digelar AIBR Hub for Indonesia pada 23 Juni 2022 mendatang, bukan semacam seminar biasa dan kemudian hilang.

Tapi kegiatan tersebut nantinya akan berkelanjutan dengan pendampingan hingga memberikan ruang-ruang baru bagi pelaku UMKM di Sumbar.

Workshop AIBRHUB tersebut diselenggarakan kerjasama antara Australia Indonesia Institute dan University of Queensland, dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dalam hal ini oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah dan Universitas Andalas.

Direncanakan, acara tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, selaku keynote speaker dan secara resmi membuka acara. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm sumbar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top