Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Siap Layani Keberangkatan Calon Jemaah Haji, Kloter Pertama 18 Juni 2022

Pemerintah Provinsi Riau menyatakan fasilitas Embarkasi Haji Antara, seperti Asrama Haji Riau yang berada di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru.
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan fasilitas Embarkasi Haji Antara, seperti Asrama Haji Riau yang berada di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru sudah dibenahi oleh petugas dan siap melayani para calon jemaah haji (CJH) yang akan berangkat mulai 18 Juni 2022.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy mengatakan memang sebelumnya gedung Asrama Haji Riau sempat dimanfaatkan untuk lokasi isolasi pasien Covid-19, namun kini pasien Covid-19 sudah tidak ada lagi, dan fungsinya dikembalikan menjadi Asrama Haji.

"Asrama Haji Riau sebagai salah satu fasilitas Embarkasi Haji Antara di Riau sudah siap, fasilitas tersebut sudah disterilkan lalu fasilitas pendukung juga sudah disediakan seperti lemari, tempat tidur, serta pendingin udara untuk melayani pada calon jemaah haji," ujarnya Senin (6/6/2022).

Menurut data Pemprov Riau, sesuai jadwal kloter pertama JCH Riau atau kloter 4 Embarkasi Batam (BTH) akan berangkat ke tanah suci pada 18 Juni 2022 sekitar pukul 12.45 WIB dari Bandara Hang Nadim Batam ke Madinah. Pemberangkatan JCH Riau terbagi dalam 7 kloter. Dengan rincian 5 kloter penuh dan 2 kloter gabungan.

Masrul mengakui dengan kesiapan tersebut, pemprov telah siap menyelenggarakan fasilitas pendukung calon jemaah haji sebelum terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim, Batam.

Menurutnya Riau sudah pernah menjalankan embarkasi haji antara pada 2019 lalu, dan dari pengalaman tersebut diyakini menjadi modal pihaknya untuk melayani para calon jemaah haji.

Untuk proses dan tahapan pelayanan, seluruh CJH akan masuk asrama, kemudian dilakukan pemeriksaan berkas serta pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya jemaah akan berangkat ke Batam tapi tidak perlu menginap dan akan melanjutkan penerbangannya ke Arab Saudi.

"Nanti di asrama akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan, dokumen, pemakaian gelang haji, pemeriksaan kesehatan termasuk proses keimigrasian juga akan dilakukan di asrama haji antara Riau," katanya.

Setelah semua lengkap, keesokan harinya, JCH Riau baru diberangkatkan dari Asrama Haji Riau menuju ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menggunakan bus. Setelah itu diterbangkan ke Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper