Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Sumsel Tunjuk Kurniawan Jadi Plh Bupati Muara Enim

Kurniawan menggantikan penjabat bupati Muara Enim sebelumnya, Nasrun Umar, yang kini memasuki masa pensiun.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  18:10 WIB
Plh Bupati Muara Enim Kurniawan memberikan keterangan pers usai penyerahan SK plh bupati Muara Enim di istana gubernur Sumsel, Kamis (12/5).  - Bisnis/Dinda Wulandari
Plh Bupati Muara Enim Kurniawan memberikan keterangan pers usai penyerahan SK plh bupati Muara Enim di istana gubernur Sumsel, Kamis (12/5). - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menunjuk Kepala Badan Kebangsaan dan Politik Sumatra Selatan, Kurniawan sebagai pelaksana harian atau Plh Bupati Muara Enim.

Kurniawan menggantikan penjabat bupati Muara Enim sebelumnya, Nasrun Umar, yang kini memasuki masa pensiun.

Gubernur Deru menjelaskan Plh bupati merupakan perpanjangan tangan gubernur untuk menjalankan roda pemerintahan saat terjadi kekosongan jabatan kepala daerah tersebut.

“Plh bupati ini adalah pejabat karir yang ditunjuk, bukan pejabat politik, untuk melaksankan tugas sesuai mandat yang diberikan. Mana program yang baik lanjutkan, tetapi jika ada yang kurang pas silakan evaluasi,” paparnya saat penyerahan surat keputusan Plh bupati Muara Enim, Kamis (12/5/2022).

Deru menilai Kurniawan layak untuk mengemban jabatan tersebut lantaran memiliki banyak pengalaman di birokrasi pemerintahan. 

“Kurniawan pernah menjabat sebagai lurah, sekretaris camat, camat, kepala dinas dan sekretaris daerah. Ini bisa menjadi bekalnya untuk memimpin,” katanya.

Selain itu, Kurniawan juga punya darah keturunan Muara Enim, sehingga dinilai tahu karakteristik dan budaya masyarakat sekitar.

Deru berharap plh bupati dapat melanjutkan pembangunan yang merata di Muara Enim. Apalagi, kabupaten itu juga dikenal dengan kekayaan sumber daya alam (SDA), salah satunya batu bara.

“Kita sudah sepakat bahwa eksploitasi SDA di Muara Enim harus ramah lingkungan, kelestarian alam harus terjaga, terutama daerah aliran sungai (DAS),” paparnya.

Sementara itu, Plh Bupati Muara Enim Kurniawan mengatakan bakal menjalankan perintah yang sudah diberikan untuk menjadi pemimpin sementara di Muara Enim.

"Saya akan turun ke daerah memastikan roda pemerintahan tetap jalan jangan sampai terhenti,” katanya.

Oleh karena itu, dia akan melakukan konsolidasi dengan forkopimda untuk melanjutkan proram pembangunan dan pelayanan untuk masyarakat Muara Enim.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top