Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Sumsel Pasok Uang Tunai Rp6,4 Triliun

Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan menyiapkan Rp6,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal selama periode Ramadan dan Idulfitri 2022 di Sumatra Selatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 April 2022  |  10:27 WIB
Kepala Perwakilan BI Sumsel Erwin Soeriadimadja memberikan pemaparan terkait kesiapan pemenuhan kebutuhan uang tunai di Sumsel.  - Bisnis/Dinda Wulandari
Kepala Perwakilan BI Sumsel Erwin Soeriadimadja memberikan pemaparan terkait kesiapan pemenuhan kebutuhan uang tunai di Sumsel. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan menyiapkan Rp6,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal selama periode Ramadan dan Idulfitri 2022 di Sumatra Selatan.

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Selatan (BI Sumsel), Erwin Soeriadimadja, mengatakan dana tersebut dipersiapkan untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan dan mesin ATM perbankan di provinsi tersebut.

 

“Persiapan uang kartal tahun ini meningkat 14% dibandingkan realisasi tahun 2021 yang senilaiRp5,6 triliun,” katanya, Senin (11/4/2022) malam.

 

Dia menjelaskan peningkatan ketersediaan uang kartal itu juga dipengaruhi proyeksi kebutuhan perbankan di Sumsel.

 

Erwin mengatakan bank sentral meningkatkan persiapan untuk uang kartal lantaran naiknya aktivitas ekonomi yang telah muncul sejak triwulan IV/2021.

 

“Adanya pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas ekonomi yang menguat, membuat kami harus siap memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai,” paparnya.

 

Dia menambahkan, tren penarikan uang dan penukaran uang bakal deras pada minggu ketiga Ramadan atau menjelang hari raya. 

 

Erwin menambahkan BI Sumsel tak hanya memenuhi ketersediaan uang kartal untuk wilayah Sumsel, melainkan pula provinsi tetangga, yakni Jambi, Bangka-Belitung dan Bengkulu.

 

“Sehingga secara total BI Sumsel siapkan Rp11 triliun untuk empat provinsi tersebut atau meningkat 5,6 persen dibandingkan momen yang sama tahun lalu,” jelasnya.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia penukaran uang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top