PHR Dukung Lahirnya Pusat Kuliner Pertama di Bengkalis

Prantara Foodpark berupa kawasan terbuka berisikan gerai para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Foto: Bupati Bengkalis Kasmarni (tengah) menggunting pita sebagai tanda peresmian Perwira Nusantara (Prantara) Foodpark di Kota Duri, Bengkalis, pada Rabu (30/3).
Foto: Bupati Bengkalis Kasmarni (tengah) menggunting pita sebagai tanda peresmian Perwira Nusantara (Prantara) Foodpark di Kota Duri, Bengkalis, pada Rabu (30/3).

Bisnis.com, DURI Kota Duri kini memiliki pusat kuliner pertama di Kabupaten Bengkalis, Riau. Namanya Perwira Nusantara (Prantara) Foodpark. Kehadiran pusat kuliner ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Prantara Foodpark ini lahir berkat kerja sama multipihak, salah satunya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat. ”Kami sangat berterima kasih kepada PHR yang terus memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis. Semoga apa yang telah dibangun hari ini dapat berkesinambungan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Bupati Bengkalis Kasmarni dalam pidatonya. Bupati Bengkalis meresmikan pusat kuliner tersebut melalui pengguntingan pita pada Rabu (30/3). 

”Semoga keberadaan pusat kuliner ini dapat memacu perkembangan UMKM dan ekonomi kreatif di wilayah Duri sehingga perekonomian masyarakat dapat bangkit dan terus berkembang,” kata Sukamto Tamrin selaku VP Corporate Affairs PHR WK Rokan dalam kesempatan terpisah.

Prantara Foodpark berupa kawasan terbuka berisikan gerai para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Lokasinya di Jalan Sultan Syarif Kasim, Duri. Tempat tersebut juga didesain sebagai pusat kesenian bagi para pelaku seni dan anak muda kreatif untuk menampilkan karyanya. Melalui program ini, PHR mendukung penyediaan gerai (booth) UMKM sebanyak 25 unit, peralatan pendukung pengembangan usaha, dan pendampingan lapangan.

Guna pengembangan program, PHR menggandeng para pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkalis sebagai inisiator dan Politeknik Bengkalis sebagai mitra pelaksana program Pemberdayaan Ekonomi Pemuda dan Perempuan PHR. ”Jadi selain pusat kuliner, Perwira Nusantara Foodpark ini juga akan menjadi pusat pertunjukan seni bagi para seniman di Kabupaten Bengkalis. Mereka bisa menunjukkan karya seninya kepada khalayak yang lebih luas,” ujar Iwan Sakai, Ketua KNPI Kabupaten Bengkalis. Pusat kuliner ini diharapkan juga membantu kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Selain Bupati Bengkalis, acara peresmian Prantara Foodpark juga dihadiri oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bengkalis, perwakilan Manajemen PHR, Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat, hingga para penggiat seni yang sekaligus memamerkan hasil karyanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper