Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saudi Airlines Segera Layani Jemaah Umrah Asal Riau, Ini Penjelasannya

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Riau Kepri, Junaidi mengatakan setiap tahunnya ada sekitar 10.000 jemaah umrah asal Riau yang melaksakan umrah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  19:43 WIB
Ketua Amphuri Riau Kepri Junaidi. Saudi Airlines berencana membuka penerbangan umrah bagi masyarakat Riau, dengan terbang langsung dari Medan-Arab Saudi lewat penerbangan feeder.  - Istimewa
Ketua Amphuri Riau Kepri Junaidi. Saudi Airlines berencana membuka penerbangan umrah bagi masyarakat Riau, dengan terbang langsung dari Medan-Arab Saudi lewat penerbangan feeder. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Saudi Airlines melirik potensi penerbangan jemaah umrah asal Riau, dan akan segera melayani warga Melayu ke Tanah Suci lewat penerbangan langsung, Medan - Arab Saudi.

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Riau Kepri Junaidi mengatakan setiap tahunnya ada sekitar 10.000 jemaah umrah asal Riau yang melaksakan umrah.

"Jadi Saudi Airlines melihat adanya potensi jemaah umrah yang besar dari Riau. Memang saat ini masih 7 pintu internasional yang dibuka, dan infonya mulai 1 April 2022 nanti akan ditambah dengan Bandara Kualanamu di Medan. Saudi Airlines berharap jemaah umrah Riau bisa gunakan maskapainya untuk terbang langsung ke Arab Saudi melalui Medan," ujarnya, Senin (28/3/2022).

Menurutnya karena belum ada penerbangan langsung Arab Saudi ke Pekanbaru, Saudi Airlines akan menyiapkan layanan feeder dari Pekanbaru - Medan, sehingga jemaah yang akan terbang dengan maskapai itu akan semakin mudah.

Junaidi mengakui pihaknya mendukung adanya rencana maskapai asal Timur Tengah itu untuk melayani jemaah umrah asal Riau. Namun pihaknya mengharapkan layanan yang diberikan sudah termasuk penanganan bagasi atau full handling, sehingga jemaah umrah yang akan berangkat tidak disulitkan dengan membaawa bagasi sendiri di bandara dari penerbangan feeder.

Dia menambahkan rencana pelayanan dari Saudi Airlines ini sudah disampaikan sejak 2019 lalu, namun karena pandemi covid akhirnya tertunda dan saat inilah rencana itu bisa dilanjutkan.

"Dengan adanya rencana ini sekaligus membantu travel umrah domestik, karena sebelumnya banyak juga orang Riau yang berangkat umrah dengan terbang lewat Singapura atau Malaysia. Sehingga dengan adanya pilihan terbang langsung dari Medan ke Arab Saudi tentu menguntungkan pelaku usaha dalam negeri. Kami harap rencana ini bisa terealisasi secepatnya," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar menyambut baik rencana Saudi Airlines yang ingin membuka dan melayani penerbangan jemaah umrah bagi masyarakat Riau.

Syamsuar meminta selain membuka penerbangan untuk jemaah umrah, Saudi Airlines diharapkan juga membantu pengembangan UMKM lokal dengan memgambil suplai kebutuhan bahan mentah olahan makanan bagi penumpang seperti ikan patin dan santannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau arab saudi umrah
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top