Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eksekusi Lahan Tol di Serdang Bedagai Ricuh, Warga Tak Terima Tanahnya Hanya Dibayar Rp78.000 Per Meter

Proses eksekusi lahan untuk pembangunan jalan tol di Tebing Tinggi-Indrapura, di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara ricuh.
Pembangunan Jalur Tol Medan-Tebing Tinggi (ANT)
Pembangunan Jalur Tol Medan-Tebing Tinggi (ANT)

Bisnis.com, SUMATERA UTARA - Tayangan video yang memperlihatkan aksi penolakan warga saat eksekusi lahan untuk jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura, di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara viral di media sosial.

Dalam tayangan video tersebut, warga terdampak pembangunan melakukan protes kepada petugas di lapangan.

Pasalnya, mereka menolak biaya ganti rugi yang dibayarkan karena dianggap terlalu murah dari harga pasaran.

Warga bernama Muhammad Sofyan dalam video tersebut mengatakan, sebenarnya warga tidak keberatan dengan pembangunan proyek pemerintah tersebut asalkan harga atau biaya ganti rugi terhadap tanah milik warga wajar.

"Kami mohon supaya ditinjau kembali dan turun ke lapangan, melihat harga ganti rugi yang wajar, kami minta keadilan," terangnya.

"Kenapa (tanah) tetangga kami dibayar per meter Rp800-900 ribu, sementara kami yang bersebelahan dengan tanah tersebut dibayar Rp78 ribu per meter persegi," tambahnya.

Sementara itu Kapolres Tebing Tinggi AKBP M Kunto Wibisono seperti dikutip dari laman humas.polri membenarkan adanya kericuhan tersebut.

Kejadian itu terjadi pada Kamis (10/2/2022), di Dusun II, Desa Penggalangan, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kericuhan tersebut terjadi saat petugas hendak melakukan eksekusi lahan.

"Saat akan dilakukan eksekusi, para pemilik lahan melakukan perlawanan dengan berupaya menghalangi pelaksanaan eksekusi dan seketika petugas Polres Tebing Tinggi melakukan penertiban terhadap para pemilik lahan dan akhirnya eksekusi dapat dilakukan dalam keadaan kondusif," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper