Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Targetkan Pembangunan Jalan Tol Ruas Padang–Sicincin Rampung 2024

Pengerjaan proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin hingga 2021 kemarin masih belum maksimal. Hal ini disebabkan terkendala nya dalam pembebasan lahan.
Proyek jalan tol Trans Sumatra ruas Padang-Pekanbaru Seksi Padang - Sicincin/Bisnis-Noli Hendra
Proyek jalan tol Trans Sumatra ruas Padang-Pekanbaru Seksi Padang - Sicincin/Bisnis-Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Pengerjaan proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin hingga 2021 kemarin masih belum maksimal. Hal ini disebabkan terkendala nya dalam pembebasan lahan.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro menjelaskan melihat pada progres sepanjang tahun 2021, tol Padang–Sicincin sepanjang 36 km itu, telah dilakukan land clearing sepanjang 10,5 km di sisi kanan dan kiri badan jalan (main road), dan pekerjaan perkerasan kaku (rigid pavement) sepanjang 4,2 km.

"Jadi progres hingga saat ini yaitu progres konstruksi sebesar 45,3% dan progres lahan sebesar 47,5%," katanya kepada Bisnis, Jumat (4/2/2022).

Kini dengan telah masuknya tahun 2022, Hutama Karya masih fokus melakukan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra Tahap I, salah satunya yaitu Tol Padang-Sicincin yang ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Hingga saat ini, Hutama Karya terus melakukan penyelesaian konstruksi di lahan yang telah bebas sebesar 47,5% yang berlokasi di Kecamatan Batang Anai (3,41 km), Kecamatan Lubuk Alung (3,08 km), Kecamatan Enam Lingkung (4,09 km), Kecamatan 2X11 Enam Lingkung (4,31 km) dan Kecamatan 2X11 Kayu Tanam (0,77 km).

"Jadi ada sejumlah titik lokasi lahan yang telah bebas itu, kita mulai pengerjaannya tahun 2022 ini," tegasnya.

Diakui Koentjoro, lambatnya pengerjaan proyek tol Padang–Sicincin itu, akibat sulitnya melakukan pembebasan lahan.

Bahkan berbagai solusi alternatif yang dilakukan antara lain pengajuan penetapan lokasi baru, relokasi trase, termasuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar proses pembebasan lahan lancar dan konstruksi di lapangan dapat terus berjalan.

"Akhirnya jelang penutupan tahun 2021 kemarin itu, Pemprov Sumbar bersama BPN, dan turut melibatkan dari kejaksaan, lahan sudah banyak dibebaskan. Jadi pengerjaannya kita lanjutkan di tahun 2022 ini," ujarnya.

Koentjoro menyebutkan di tahun 2022 ini, di targetkan pekerjaan di tol Padang–Sicincin fokus pada konstruksi di lahan yang telah bebas.

Dimana kontraktor pelaksana menyelesaikan pekerjaan pada main road sepanjang 9,75 km dan pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan turunan lainnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper