Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Kedua di Kota Medan

SPKLU yang diresmikan kali ini berada di City View Polonia, Kota Medan, Sumatra Utara. SPKLU sendiri merupakan tempat pengisian ulang baterai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 23 Januari 2022  |  18:28 WIB
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kedua di Kota Medan, Sumatra Utara.  - Istimewa
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kedua di Kota Medan, Sumatra Utara. - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatra Utara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kedua, Minggu (23/1/2022).

SPKLU yang diresmikan kali ini berada di City View Polonia, Kota Medan, Sumatra Utara. SPKLU sendiri merupakan tempat pengisian ulang baterai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Simbolisasi peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh General Manager PLN UIW Sumatra Utara Pandapotan Manurung.

Dalam kata sambutannya, Pandapotan menjelaskan bahwa keberadaan SPKLU juga merupakan wujud upaya meningkatkan minat warga menggunakan KBLBB. Sehingga dapat mendukung pengurangan impor BBM dan meningkatkan ketahanan energi.

"Kami berharap semakin banyak kehadiran SPKLU di Sumatra Utara ini dapat mendukung dan mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air dan mendukung pengusaha penyedia kendaraan listrik," kata Pandapotan.

Pandapotan mengatakan, PLN akan terus mendukung kampanye penggunaan kendaraan berbasis tenaga listrik di Kota Medan. Sebab, Medan merupakan kota metropolitan ketiga di Indonesia.

Menurut Pandapotan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI memproyeksikan dua juta unit SPKLU dan 13 juta unit kendaraan bermotor listrik pada 2030 mendatang.

Pada SPKLU kedua ini, terdapat fasilitas Fast Charging, sehingga pengendara dapat menghemat waktu saat melakukan pengisian daya.

Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya listrik hingga penuh sekitar tiga jam. Pengguna SPKLU juga dapat melakukan pengisian melalui aplikasi PLN Mobile yang telah terintegrasi dengan Charge.in.

"Saat ini terdapat dua unit SPKLU telah beroperasi di Kota Medan dan sekitarnya. Ke depan akan kami bangun SPKLU lainnya di lokasi objek wisata dan lokasi strategis lainnya," pungkas Pandapotan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top