Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPKM Diperpanjang, Simak Level yang Diterapkan untuk 33 Daerah di Sumut

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumatera Utara Ismail Lubis mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 09 November 2021  |  17:53 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali hingga dua pekan ke depan, yakni mulai hari ini, Selasa (9/11/2021) hingga Senin (22/11/2021) mendatang.

Perpanjangan ini diterapkan berdasar Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 58 Tahun 2021 tertanggal 8 November 2021. Instruksi ini ditujukan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada sejumlah gubernur dan kepala daerah.

Khusus di Sumatra Utara, terdapat sejumlah daerah yang ditetapkan berstatus Level I hingga Level III.

Daerah yang menerapkan PPKM Level I adalah Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batu Bara, Kota Gunungsitoli, Kota Binjai, Kabupaten Nias, Kabupaten Dairi, Kota Sibolga, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Samosir.

Kemudian untuk Level II diterapkan di Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Nias Utara, Kota Medan, Kota Pematangsiantar, Kota Tebing Tinggi dan Kota Padang Sidempuan.

Sedangkan untuk Level III diterapkan di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kota Tanjung Balai.

Atas kondisi di atas, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumatera Utara Ismail Lubis mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Selalu gunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak serta ikut vaksinasi," ujar Ismail, Selasa (9/11/2021).

Pada instruksi tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga menjelaskan bahwa penetapan level wilayah berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Kemudian juga dipengaruhi dengan capaian total vaksinasi dosis pertama. Status PPKM akan ditingkatkan satu level apabila capaian total vaksinasi dosis pertama kurang dari 40 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top