Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satgas Karhutla Riau Berhasil Padamkan Karlahut di Sejumlah Kabupaten

Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal menjelaskan dari upaya terakhir, Satgas Karhutla telah berhasil memadamkan kebakaran di wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Siak.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 Agustus 2021  |  18:23 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyatakan tim gabungan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) telah berhasil memadamkan kerhutla yang terjadi sepekan ini di beberapa kabupaten dan kota.

Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal menjelaskan dari upaya terakhir, Satgas Karhutla telah berhasil memadamkan kebakaran di wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Siak.

"Hari ini terpantau hotspot atau titik panas di Riau sebanyak 4 titik, dengan rincian Dumai 2 titik, Siak 1 titik, dan Rokan Hilir 1 titik," ujarnya Senin (2/8/2021).

Menurutnya untuk titik api karhutla pada hari ini tidak ada atau nihil dari pantauan tim satgas. Kini tim sedang bergerak melakukan pendinginan dari karhutla yang terjadi di Dumai dan Siak.

Dia menjelaskan untuk wilayah Dumai, karhutla terjadi di 2 lokasi yaitu Lubuk Gaung dan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan Dumai. Kini lokasi itu sudah dapat dikendalikan dan masuk tahapan pendinginan.

Di lokasi ini tim satgas membuat embung dan blokade lahan atau sekat bakar. Dengan upaya inilah api karhutla dapat dikendalikan tim satgas.

Sementara di Samsam, Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, tim karhutla menerjukan helikopter pemadam dengan bom air atau water bombing. Dengan langkah itu api berhasil dipadamkan dan saat ini masuk tahapan pendinginan.

"Titik panas di Rokan Hilir yang berhasil dipantau sudah kami minta kepada BPBD setempat untuk memastikan apakah ada potensi karhutla atau tidak."

Menurutnya titik panas atau hotspot yang terpantau belum tentu api karhutla, sehingga perlu dilakukan verifikasi lapangan oleh petugas BPBD sebelum diputuskan apakah perlu melakukan tindakan pemadaman atau tidak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau kebakaran hutan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top