Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meniti Pulau, Membawa Cerita Kebermanfaatan Vaksin untuk Pesisir

Tidak hanya mendapat sentuhan vaksin, warga juga mendapat hadiah beras dari panitia program. Oleh-oleh yang rasanya sangat bernilai di tengah kungkungan Pandemi Covid-19.
Vaksinasi di Kota Batam/Istimewa
Vaksinasi di Kota Batam/Istimewa

Bisnis.com, BATAM - Lalu lalang Pancung (transportasi laut untuk warga) menghiasi perairan di Pelabuhan Rakyat Sekupang, Batam Kamis (24/6/2021) pagi ini. Sekitar pukul 08.00 WIB, arus massa di kawasan dermaga ini terasa semakin ramai, Pancung yang merapat dan berangkat dari pelabuhan konsisten bergerak bersama penumpang, berjarak hanya sekitar 15 menit saja.

Beberapa warga yang telah memegang tiket hanya duduk sebentar, menanti tumpangan menuju Pulau Belakangpadang dan sebaliknya.

Di sisi lain pelabuhan, kapal patroli Ditpolairud Polda Kepri dan kapal milik Pemerintah Kota (Pemkot) Batam-Batam 1 terlihat berlabuh dengan mesin menyala. Beberapa awak kapal duduk di bagian belakang, yang lainnya sesekali keluar masuk kapal, berdiri di Ponton, dan kembali ke dalam lagi.

Dua kapal ini akan membawa rombongan Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan Danlanud Hang Nadim Batam, Letkol Pnb Iwan Setiawan ke Pulau Kasu, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Batam. Di kelurahan yang dihuni 20.000 orang ini, rombongan akan menyapa warga yang akan menjalani vaksinasi lewat program Vaksinasi Jangkau Pulau (Nasi Kapau) gagasan Polda Kepri.

Lepas tali sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan tiba di tujuan dalam waktu sekitar 15 menit saja. Batam 1 yang membawa Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Acmad dan Danlanud Hang Nadim Batam, Letkol P Iwan Setiawan, berjalan tak konstan, menghindari kapal-kapal kecil dari pecahan gelombang 4 mesin kapal yang bisa saja melesat kencang.

Merapat ke Pulau Kasu, dermaga sudah diisi warga yang menanti mereka. Lengkap dengan tabuhan Kompang (musik gendang Melayu) penyambut tetamu. Yos Guntur, Amsakar dan Iwan keluar, sambil menyusun jari menyapa tetua kampung di ujung dermaga. Kepalan tinju mereka bertemu, senyum dan sapa berbalas mengiringi gerak rombongan ke lokasi acara.

Menyusuri jalan utama kampung seukuran lebar sekitar 1,5 meter, Amsakar sesekali berhenti. Menyapa warga di depan rumah mereka, bertanya kabar kemudian berlalu. Warga yang tak sempat ia datangi, disapanya lewat lambaian tangan, gelegar tawanya juga mengemuka meski masker putih tetap melekat menutupi separuh parasnya.

Melengkapi arahan dari Yos Guntur dan Iwan Setiawan, Amsakar yang juga pernah terpapar Covid-19 (Penyintas Covid-19) bercerita banyak tentang pengalamannya sebagai penyintas Covid-19. Ia mengajak warga melihat sisi positif vaksin dari sudut pandang orang pertama.

Amsakar terasa begitu fasih, lantang ia bertutur tentang kondisinya. Tentang kedua putrinya yang tidak terpapar padahal kontak erat status keduanya. Juga tentang keadaan istrinya yang begitu mengkhawatirkan karena belum mendapatkan vaksinasi ketika itu.

"Tiga hari sebelum puasa (Puasa Ramadhan 2020) saya positif Covid-19. Yang diserang itu hanya indera penciuman dan lidah saya tak bis merasa. Itu saja, saya sehat selama isolasi di Awal Bros (RS Awal Bros Batam). Istri saya juga positif, tiga hari di rumah sakit bibirnya jadi hitam, saya sempat berfikir dia akan meninggal. Karena istri saya waktu itu belum vaksin," kata Amsakar di depan warga yang menyimak sambil menunggu antri vaksin.

Dari pengalaman itu, Amsakar mengaku sangat senang dengan antusiasme warga Kelurahan Kasu yang berbondong-bondong minta divaksin. Kesadaran warga pesisir yang tidak kalah dengan warga Batam di kota, membuatnya yakin bisa mencapai target vaksinasi warga Batam sebesar 50 persen pada Juni 2021 ini akan tercapai.

Konsistensi ini diharapkan akan berlanjut sampai Juli 2021 sehingga target 70 persen warga Batam tersentuh vaksinasi juga bisa terealisasi.

Untuk diketahui, dari 20.000 warga Kasu, ditargetkan 13.000 akan tersentuh program Nasi Kapau sampai Juli 2021 mendatang. Sampai 23 Juni 2021, sudah ada 4.000 warga menjalani vaksinasi. Program vaksinasi hari ini, ditargetkan bisa menjangkau 500 warga.

Antusiasme warga Kelurahan Kasu akan program Nasi Kapau ini, memang terlihat sejak awal kedatangan rombongan. Beberapa kapal kayu memuat penumpang nampak bersandar hampir bersamaan dengan ketibaan Batam 1 di dermaga. Mereka adalah warga pulau-pulau terdekat yang masih berada dalam administratif Kelurahan Kasu.

Menutup arahannya, Amsakar memaparkan bahwa telah melintasi beberapa pulau demi optimalnya program vaksinasi untuk warga pesisir ini. Di setiap pulau yang ia sambangi, seruan untuk meminta warga mendukung kerja keras pemerintah dengan cara ikut vaksinasi selalu menjadi yang terpenting.

"Kami tidak bisa kerja sendiri, butuh sentuhan dan kebersamaan masyarakat untuk mendukung vaksinasi," katanya.

Ikut Vaksin, Warga dapat Hadiah Beras

Dalam laporannya menyambut kedatangan rombongan Yos Guntur, Amsakar dan Iwan Setiawan, Camat Kecamatan Belakangpadang, Yudi Admajianto menyampaikan kalau program Nasi Kapau ini melibatkan Relawan Aksi Pemuda Batas Negeri yang diisi oleh pemuda lokal Belakangpadang dan gabungan pengusaha Belakangpadang.

Kebersamaan itu menghadirkan inovasi yang menguntungkan warga. Tidak hanya mendapat sentuhan vaksin, warga juga mendapat hadiah beras dari panitia program. Oleh-oleh yang rasanya sangat bernilai di tengah kungkungan Pandemi Covid-19.

Amsakar agaknya terkesan, ia mengomentari itu. Berterimakasih pada panitia dan donatur. Mendoakan mereka diberi kemudahan dalam usaha untuk menghadirkan kebijakan berikutnya yang mungkin akan lebih besar lagi.

Yos Guntur mungkin juga demikian, antusiasme warga menjadi hal yang banyak dikatakannya saat memberi arahan.

"Belakangpadang kompak dan pertahankan. Terimakasih peran serta semuanya. Pupuk sinergi karena bersama kita bisa," tutur Yos disambut tepuk tangan warga.

Kesenangan serupa juga mungkin dirasa Iwan Setiawan, meski ini kali pertama ia ikut menemui warga pesisir. Beberapa ia bertegur sapa dengan warga Kasu di lokasi acara. Pesan untuk mematuhi menjadi nasehat yang ia sampaikan kepada warga yang sudah menjalani vaksin.

Amsakar, Yos Guntur dan Iwan Setiawan beserta rombongan mengakhiri program Nasi Kapau di Kasu dengan meninjau dan menyapa langsung warga yang tengah bersiap untuk mendapatkan suntikan vaksin. Mereka juga kebagian agenda seremoni penyerahan hadiah beras bagi warga yang sudah mendapatkan vaksinasi.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper