Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 6.800 Benih Lobster Hasil Sitaan Dilepasliarkan

Sekitar 6.800 benih benih lobster dilepasliarkan di Pantai Mutun, Kabuoaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Benih-benih lobster itu merupakan hasil sitaan.
Benih lobster/Antara/Umarul Faruq
Benih lobster/Antara/Umarul Faruq

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Sekitar 6.800 benih bening lobster hasil sitaan atas tindakan penyelundupan dilepasliarkan di perairan Provinsi Lampung.

"Tadi telah dilepasliarkan 6.800 ekor benih bening lobster hasil sitaan petugas gabungan tadi malam," kata Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Provinsi Lampung Rusnanto di Bandar Lampung pada Senin (21/6/2021).

Dia menjelaskan 6.800 benih bening lobster yang dilepasliarkan tersebut berjenis lobster pasir dengan usia sekitar 1 bulan dan kondisinya semua masih sehat, sehingga langsung dapat dilepasliarkan di habitat asli.

Menurutnya, bila dikonversikan nilai dari 6.800 ekor benih bening lobster tersebut berkisar Rp680 juta. ”Untuk mengantisipasi penyelundupan benih bening lobster, dilakukan pengawasan di pintu masuk dan keluar seperti bandara dan pelabuhan.”

Dia menjelaskan selama 2021 upaya menggagalkan penyelundupan benih bening lobster menuju sejumlah daerah terus dilakukan.

"Ada beberapa kali dan ini akan terus dilakukan untuk menjaga ekosistem dan ketersediaan benih lobster di laut," kata Rusnanto.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Dern mengatakan 6.800 benih bening lobster tersebut didapat dari Kabupaten Pesisir Barat dan berdasarkan informasi akan dikirim menuju Jambi, tapi berhasil digagalkan.

"Tadi 6.800 benih bening lobster yang hendak diselundupkan telah dilepasliarkan di Pantai Mutun di Kabupaten Pesawaran sebab kawasan tersebut menjadi wilayah konservasi dan perairannya cocok untuk lobster," kata Liza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper