Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

April 2021, Pemerintah Salurkan Rp483 Miliar Bansos di Sumut

Nominal penyaluran PKH tahap II 2021 di Sumatra Utara adalah sebesar Rp361,8 miliar untuk disalurkan kepada sekitar 432.000 KPM.
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Andiwiana Septonarwanto/Istimewa
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Andiwiana Septonarwanto/Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Pada bulan April 2021, pemerintah telah menyalurkan bantuan Program Sembako sebanyak Rp121,5 miliar di Sumatra Utara (Sumut). Penyaluran ini diterima oleh kepada 607.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

Sebagaimana periode sebelumnya, tiap KPM Program Sembako akan mendapatkan bantuan senilai Rp200.000.

Selain itu, untuk menjaga tingkat konsumsi masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri pada Mei 2021, pemerintah mempercepat penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II di bulan April 2021.

"Nominal penyaluran PKH tahap II 2021 di Sumatra Utara adalah sebesar Rp361,8 miliar untuk disalurkan kepada sekitar 432.000 KPM," kata Kepala Perwakilan BI Sumut Soekowardojo, Jumat (11/6/2021).

Bila ditotal, berarti bantuan sosial untuk dua program tersebut telah dicairkan sebesar Rp483,3 miliar.

Di lain sisi, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Andiwiana Septonarwanto menjelaskan, penyaluran bantuan sosial tersebut membuat perputaran uang tunai di Sumatra Utara bertambah karena terjadi peningkatan penarikan dana pada bulan April 2021.

"Bantuan langsung tunai ini memang memengaruhi perputaran uang tunai di Sumut," jelas Andi.

Menurut laporan BI Sumut, pada bulan Maret 2021, penyaluran bantuan Program Sembako juga dicairkan sebanyak Rp121,5 miliar, namun penarikan dana dari dompet elektronik penerima bantuan hanya sebesar Rp54,2 miliar.

Pada bulan April, jumlah penarikan dana tercatat lebih banyak sebesar 180 persen menjadi Rp148,1 miliar.

Hal serupa juga terjadi pada penarikan dana bantuan Program PKH. Pada bulan Maret 2021, jumlah penarikan dana dari rekening tabungan penerima manfaat sebesar Rp346,9 miliar, sementara pada bulan April 2021 penarikan dana tercatat sebesar Rp361,8 miliar.

Saat ini, Pemerintah Pusat dan Pemda Sumut sedang berupaya meningkatkan penggunaan transaksi nontunai di tengah masyarakat, salah satunya dengan membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Sumut. Saat ini telah terdapat 26 TP2DD kota dan kabupaten di Sumut.

"Untuk Sumut ada 26 kota kabupaten sudah punya TP2DD. Kami harap akhir tahun semua kota dan kabupaten di Sumut sudah punya TP2DD. Masyarakat pun makin tertarik menggunakan kanal permbaharan nontunai," pungkas Andiwiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper