Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Ajukan Proyek Tol Palembang-TAA Kembali Masuk PSN

Pemprov Sumatra Selatan mengusulkan kepada pusat untuk memasukkan kembali proyek Jalan Tol Palembang - Tanjung Api-Api atau TAA ke dalam proyek strategis nasional atau PSN.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan mengusulkan kepada pusat untuk memasukkan kembali proyek Jalan Tol Palembang – Tanjung Api-Api atau TAA ke dalam proyek strategis nasional atau PSN.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Sumsel Ekowati Retaningsih usai menerima kunjungan staf khusus wakil presiden, pada Kamis (29/4/2021).

Ekowati mengatakan sebelumnya proyek infrastruktur tersebut masuk dalam PSN namun kemudian dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari daftar pada 2020. 

Proyek Jalan Tol Palembang – TAA merupakan infrastruktur penunjang dari proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) TAA di Kabupaten Banyuasin. 

Merujuk pada informasi di situs resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPIP), Jalan Tol Palembang – TAA bagian dari 8 ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Adapun investasi total ditaksir mencapai Rp10 triliun. Hingga kini, status proyek tersebut masih dalam tahap penyiapan berupa selesainya studi kelayakan dan analisa mengenai dampak lingkungan (amdal).

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sukriansyah S. Latief, mengatakan pihaknya berupaya untuk mempercepat perkembangan PSN yang ada di Sumsel.

“Apalagi kita tahu bahwa PSN di Sumsel cukup banyak, ada lebih dari 20 proyek dan semua itu untuk kepentingan masyarakat,” katanya. 

Menurut dia, PSN di Sumsel seringkali terkendala pembebasan lahan. Belum lagi, lantaran masih pandemi Covid-19 sebagian dana pemerintah harus di-refocussing untuk penanganan pandemi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper