Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumsel Ajukan Proyek Tol Palembang-TAA Kembali Masuk PSN

Pemprov Sumatra Selatan mengusulkan kepada pusat untuk memasukkan kembali proyek Jalan Tol Palembang - Tanjung Api-Api atau TAA ke dalam proyek strategis nasional atau PSN.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 29 April 2021  |  12:28 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan mengusulkan kepada pusat untuk memasukkan kembali proyek Jalan Tol Palembang – Tanjung Api-Api atau TAA ke dalam proyek strategis nasional atau PSN.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Sumsel Ekowati Retaningsih usai menerima kunjungan staf khusus wakil presiden, pada Kamis (29/4/2021).

Ekowati mengatakan sebelumnya proyek infrastruktur tersebut masuk dalam PSN namun kemudian dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari daftar pada 2020. 

Proyek Jalan Tol Palembang – TAA merupakan infrastruktur penunjang dari proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) TAA di Kabupaten Banyuasin. 

Merujuk pada informasi di situs resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPIP), Jalan Tol Palembang – TAA bagian dari 8 ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Adapun investasi total ditaksir mencapai Rp10 triliun. Hingga kini, status proyek tersebut masih dalam tahap penyiapan berupa selesainya studi kelayakan dan analisa mengenai dampak lingkungan (amdal).

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sukriansyah S. Latief, mengatakan pihaknya berupaya untuk mempercepat perkembangan PSN yang ada di Sumsel.

“Apalagi kita tahu bahwa PSN di Sumsel cukup banyak, ada lebih dari 20 proyek dan semua itu untuk kepentingan masyarakat,” katanya. 

Menurut dia, PSN di Sumsel seringkali terkendala pembebasan lahan. Belum lagi, lantaran masih pandemi Covid-19 sebagian dana pemerintah harus di-refocussing untuk penanganan pandemi. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top