Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Perluas Jaringan Distribusi LPG Nonsubsidi untuk UMKM di Sumsel

Pinky Movement adalah program pinjaman modal usaha, yakni kepada UMKM outlet LPG untuk mengembangkan bisnis dengan menjual LPG nonsubsidi, UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG nonsubsidi.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 April 2021  |  12:10 WIB
Pelaku UMKM mitra binaan Pertamina MOR II Sumbagsel menandatangani program pinjaman modal usaha yang dikucurkan oleh Pertamina. istimewa
Pelaku UMKM mitra binaan Pertamina MOR II Sumbagsel menandatangani program pinjaman modal usaha yang dikucurkan oleh Pertamina. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II memperluas jaringan distribusi LPG nonsubsidi, Bright Gas, lewat penyaluran pinjaman modal senilai total Rp640 juta untuk UMKM di Sumatra Selatan.

Unit Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina MOR II, Umar Ibnu Hasan, mengatakan pinjaman modal usaha itu ditujukan untuk UMKM yang selama ini masih mengandalkan LPG subsidi.

“Ada 10 mitra binaan kami yang mendapat pinjaman, mulai dari outlet LPG, UMKM kuliner dan UMKM lainnya pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG nonsubsidi,” katanya, Selasa (27/4/2021).

Umar menambahkan program bertajuk Pinky Movement tersebut diharapkan dapat memudahkan UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal dan pembinaan.

“Serta diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat mampu agar mulai menggunakan LPG nonsubsidi,” ujarnya.

Menurutnya, perusahaan secara nasional menargetkan dapat merangkul 640 UMKM baik mitra dari outlet maupun mitra UMKM pada tahun ini di seluruh Tanah Air.

Umar menjelaskan kucuran modal dari Pertamina juga bertujuan untuk melahirkan UMKM yang berdaya saing tinggi, tangguh, dan mandiri.

“Sekaligus juga memberikan edukasi dan penyadaran bagi masyarakat mengenai bahan bakar gas bersubsidi supaya penyalurannya tepat sasaran,” katanya. 

Upaya ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi dan dukungan terhadap tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) No.8,  yaitu membantu masyarakat untuk mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Salah satu penerima penyaluran Program Kemitraan Pinky Movement, Wahyu Astuti Ningsih, pinjaman modal tersebut digunakan untuk memperluas usaha Pangkalan LPG yang ia kelola. 

“Saya berharap warga mampu bisa lebih mudah mendapatkan LPG nonsubsidi di pangkalan terdekat,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina lpg
Editor : Dinda Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top