Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemko: Batam Siap jadi Lokasi Pusat Data Nasional

Secara umum Kota Batam sangat siap untuk menjadi lokasi Pusat Data Nasional. Semua fasilitas pendukung dan keamanan sudah terpenuhi.
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate (kedua dari kanan depan)/Bisnis-Bobi Bani
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate (kedua dari kanan depan)/Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, BATAM - Kementerian  Komunikasi  dan  Informatika terus  mematangkan rencana  pembangunan Pusat Data Nasional tahap kedua di  Kota Batam.

Rencananya, pusat data tersebut akan mulai dibangun tahun 2022 berlokasi di Jalan Trans Barelang.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan atas nama Pemda pihaknya menyambut baik rencana pembangunan Pusat  Data Nasional tersebut.

Pemko Batam bersama Forkopimda dan masyarakat Batam akan mendukung penuh rencana tersebut, ujarnya.

"Atas nama Pemda kami semua sangat berbahagia atas kehadiran Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika di Kota Batam," kata Amsakar, Jumat (23/4/2021).

Secara umum Kota Batam sangat siap untuk menjadi lokasi Pusat Data Nasional. Semua fasilitas pendukung dan keamanan sudah terpenuhi, sehingga Batam diklaim sangat tepat dipilih sebagai Pusat Data Nasional.

Untuk fasilitas pendukung seperti kelistrikan, saat ini Batam memiliki 32 pembangkit dengan kapasitas mencapai 528 MW.

Kemudian, lokasi pembangunan Pusat Data Nasional tidak jauh dari PLTG Panaran.

"Terkait air, lokasi ini juga berdekatan dengan Waduk Tembesi. Sehingga bisa kami pastikan bahwa fasilitas untuk kelistrikan dan air bersih tak ada masalah," ujar Amsakar.

Begitu juga dengan keamanan, di Jalan Trans Barelang terdapat Mako Brimob, Bakamla, Yonif 135 Raiders dan Yonif 10 Marinir SBY, serta terdapat Pos Pemadam Kebakaran yang tepat berada persis disebelah lahan Pusat Data Nasional.

"Untuk luas lahannya sekitar 4,16 hektar dan sudah dikeluarkan PL-nya oleh BP Batam," ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan tahapan ini adalah kelanjutan  dari  rencana  strategi pemerintah untuk mengintegrasikan 2700 Pusat  Data Pemerintah. 

“Pusat Data Nasional adalah pilar penting menuju Satu Data Indonesia, selaras dengan percepatan transformasi digital yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi,“ kata Johnny.

Johnny  menjelaskan pembangunan Pusat Data  Nasional ini merupakan  rencana strategis Kominfo 2020–2024. Hal ini memerlukan kehati-hatian dan kecermatan dalam pemilihan teknologi, solusi, serta SDM yang akan mengimplementasikannya.

"Khusus untuk pengembangan SDM yang mumpuni, Kominfo  terus mengembangkan program literasi digital bertajuk #MakinCakapDigital," ujarnya.

Dengan begitu, ujar Menkominfo, pembangunan infrastruktur terkait pengolahan data juga selaras dengan pengembangan SDM, seperti data  analyst, data engineer, dan data scientist

"Pembangunan Pusat Data Nasional di  Kota Batam ini akan berlangsung  pada  tahun 2022 dan ditargetkan  selesai pada tahun 2025," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper