Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPPU dan Pemko Medan Klaim Persediaan Bahan Pokok Aman

Persediaan bahan pangan dan stabilitas harga pada periode Ramadan dan Lebaran 2021 di Kota Medan diklaim aman. Pemerintah Kota Medan telah menyiapkan langkah untuk mencegah terjadinya lonjakan harga pangan.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 08 April 2021  |  21:58 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, MEDAN- Persediaan bahan pangan dan stabilitas harga pada periode Ramadan dan Lebaran 2021 di Kota Medan diklaim aman. Pemerintah Kota Medan telah menyiapkan langkah untuk mencegah terjadinya lonjakan harga pangan.

“Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan akan menyiapkan langkah strategi guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Ramadan dan Idulfitri 2021,” kata Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dalam keterangan resmi, Kamis (8/4/2021).

Dikatakan, inflasi kelompok bahan pangan bergejolak atau volatile food perlu dijaga dalam kisaran 3,0 hingga 5,0 persen. Penjagaan dilakukan denagan cara memperkuat empat pilar strategi yang mencakup keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah 1 Ramli Simanjuntak mengatakan, KPPU akan terus mengawasi harga pasar sepanjang bulan Ramadan serta mengawasi penerapan regulasi di sektor pangan.

“KPPU akan mewaspadai peningkatan harga pangan apakah karena permintaan pasar yang tinggi atau perilaku pedagang yang cenderung meningkatkan harga secara tidak wajar,” kata Ramli.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Sumut Arif Mandu menjelaskan, saat ini stok cadangan beras di Sumut berada di kisaran 11.484 ton. Stok tersebut terdiri dari cadangan beras pemerintah (CBP) dan komersial.

Menurutnya, stok tersebut mencukupi untuk memenuhi kebutuhan beras menjelang bulan Ramadan.

"Selain persediaan beras Bulog juga menjamin ketersediaan bahan pokok lainnya seperti daging kerbau dan minyak goreng yang dapat tersedia di toko-toko maupun gerai bulog terdekat" tambahnya,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top