Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi di Kota Jambi Capai 0,33 Persen, Muaro Bungo 0,35 Persen

Inflasi terjadi di dua kota di Provinsi Jambi yakni Kota Jambi dan Kota Muaro Bungo pada Maret 2021. Inflasi di Kota Jambi mencapai 0,33 persen, sedangkan di Muaro Bungo 0,35 persen.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 02 April 2021  |  00:46 WIB
Pedagang menata cabai. Inflasi di Jambi di antaranya disumbang bahan makanan./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pedagang menata cabai. Inflasi di Jambi di antaranya disumbang bahan makanan./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Pada Maret 2021 Kota Jambi dan Kota Muara Bungo di Provinsi Jambi mengalami inflasi masing-masing sebesar 0,33 persen dan 0,35 persen, menurut Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.

BPS Provinsi Jambi pada Kamis (1/4/2021) juga menjelaskan bahwa indeks harga konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 106,80 dan IHK Kota Muara Bungo sebesar 106,35.

Inflasi di Kota Jambi terjadi pada tujuh kelompok pengeluaran, sedangkan inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada lima kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks.

Laju inflasi tahun kalender1 dan year-on-year Kota Jambi pada Maret 2021 masing-masing sebesar 0,54 persen dan 2,70 persen. Sedangkan laju inflasi tahun kalender dan year-on-year Kota Muara Bungo bulan lalu masing-masing 0,39 persen dan 2,17 persen.

Dari 24 kota di Sumatra yang menghitung IHK, tujuh kota inflasi, sedangkan 17 kota deflasi. Inflasi tertinggi se-Sumatra terjadi di Kota Muara Bungo sebesar 0,35 persen dan terendah di Kota Pekanbaru (Riau) sebesar 0,15 persen.

Sementara itu, deflasi tertinggi terjadi di Kota Padang Sidimpuan (Sumatra Utara) dan Kota Meulaboh (Aceh) masing-masing 0,57 persen.

Dari 90 kota yang menghitung IHK di Indonesia, 58 kota inflasi, dan 32 kota deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Jayapura, Provinsi Papua, sebesar 1,07 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi jambi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top