Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Segera Luncurkan Kalender Wisata 2021

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat menjelaskan selain kalender wisata, pihaknya juga akan meluncurkan aplikasi wisata Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 01 April 2021  |  23:29 WIB
Festival Sungai Subayang di Kabupaten Kampar, Riau.  - Istimewa
Festival Sungai Subayang di Kabupaten Kampar, Riau. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Dinas Pariwisata Riau akan meluncurkan aplikasi dan Calendar of Events (CoE). Kegiatannya akan digelar sekaligus acara Anugerah Pariwisata 2021, bertempat di Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau. 

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat menjelaskan selain kalender wisata, pihaknya juga akan meluncurkan aplikasi wisata Riau.

"Insya Allah dalam waktu dekat 11 April 2021, kami akan laksanakan kegiatan Anugerah Pariwisata kepada pelaku pariwisata, sekaligus Launching Calendar of Events 2021 dan peluncuran aplikasi. Disitu nanti bisa dilihat event-event pariwisata Riau mana yang akan dilaksanakan," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (1/4/2021).

Disebutkan Roni, aplikasi pariwisata ini bisa diunduh pengguna ios dan android. Untuk memudahkan wisatawan lokal dan mancanegara, menemukan lokasi wisata di Provinsi Riau. 

"Selain bisa menemukan lokasi wisata apa saja yang ada di Riau, aplikasi ini juga bisa menunjukkan jarak tempuh dan waktu perjalanan ke lokasi wisata yang dituju," jelasnya. 

Saat ini pihaknya masih terus memastikan event pariwisata mana yang masih memungkinkan untuk dilaksanakan dimasa pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan, beberapa event wisata yang kemungkinan besar akan bisa dilaksanakan yakni Festival Sungai Subayang, Kenduri Riau, dan event-event  yang dilakukan berkonsep wisata alam dan tidak terlalu banyak melibatkan banyak orang.

"Termasuk juga sport tourism Internasional Tour de Siak, Festival Pulau Rupat juga kemungkinan bisa dilaksanakan," ujarnya.

Terkait event Pacu Jalur, Roni menyebut kemungkinan juga belum bisa dilaksanakan. "Pasalnya, kondisi pandemi COVID-19 yang masih fluktuatif dan juga waktu persiapan yang sudah semakin mepet," katanya. 

Terpisah sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bahwa pihaknya akan meluncurkan Calender of Events pada April 2021.

Untuk itu ia mengajak stakeholder terkait untuk bisa harus betul-betul menyamakan frekuensi, agar event-event yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

"Mudah-mudahan langkah kita dengan memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan, dapat mendukung terselenggaranya event dan MICE,” ujar Sandiaga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata riau
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top