Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Titik Lahan Sawah di Padang Mengering

Cuaca panas yang melanda wilayah Kota Padang, Sumatra Barat, telah mengakibatkan sejumlah lahan sawah mengering.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  15:35 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PADANG - Cuaca panas yang melanda wilayah Kota Padang, Sumatra Barat, telah mengakibatkan sejumlah lahan sawah mengering.

Dinas Pertanian Kota Padang mencatat ada 8 titik sawah yang mengering dengan total luas mencapai ratusan hektare dan kondisi padi yang sudah ditanam.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat menjelaskan 8 titik sawah yang mengering akibat cuaca panas yang berlangsung di Padang itu paling banyak tersebar di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

"Di Bungus Teluk Kabung itu ada 6 sawah yang mengering dan sebagian besarnya sudah ditanami padi," katanya, Jumat (19/2/2021).

Syahrial memaparkan untuk 6 titik sawah yang mengering di Bungus Teluk Kabung itu, diawali dari Kelurahan Bungus Barat dimana disana luas lahan sawah yang terdampak mencapai 190 hektare, dimana 120 hektare nya sudah ditanami padi.

Lalu di Kelurahan Bungus Selatan, luas sawah yang terdampak 35 hektare dan dari luas itu, seluruh lahan saat ini sudah ditanami. Begitu juga di Kelurahan Teluk Kabung Utara, dimana di sana ada 97,5 hektare lahan yang terdampak, namun hanya sebagian sawah itu yang kini tengah ditanami padi yakni 30,5 hektare.

Lanjut ke Kelurahan Teluk Kabung Selatan meski ada 18 hektare lahan sawah yang terdampak, tapi sawah itu saat ini belum dikelolah oleh petani, artinya masih dibiarkan tidur. Lokasi terakhir di Bungus Teluk Kabung itu, ada di Kelurahan Bungus Timur, di sana ada 10 hektare lahan sawah yang terdampak dan 10 hektare itu saat ini tengah ditanami padi.

"Jadi untuk usia tanam padi di sawah yang kini mengiring itu beragam, mulai dari usia tanam 7 sampai 60 hari. Kita berharap semoga hujan segera turun, dan membasahi sawah yang kering dan kembali bisa dikelola oleh petani," harapnya.

Sedangkan untuk 2 titik lahan sawah yang kering lainnya, juga dirasakan di Kecamatan Nanggalo yakni persis di Kelurahan Tabing Banda Gadang, lahan yang terdampak tidak begitu luas yakni 0,25 hektare saja.

Begitu juga untuk lahan sawah yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan yakni di Kelurahan Koto Lalang sawah yang kering ada seluas 3,5 hektare dan saat ini 3,5 hektare lahan itu sudah ditanami padi, dengan usia tanam berjalan 40 hari. (k56)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top