Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahun Ini Riau Dapat Kuota 26.500 Ha Program Replanting Sawit

target pusat per kabupaten/kota se-Riau diantaranya, Kabupaten Kampar 4.500 Ha, Rokan Hulu 2.000 Ha, Pelalawan 5.000 Ha, Rokan Hilir 2.000 Ha, Siak 4.000 Ha.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  17:25 WIB
Dua orang petani meninjau perkebunan sawit milik mereka yang sudah berumur tua untuk mengikuti program replanting/ ANTARA FOTO - Septianda Perdana
Dua orang petani meninjau perkebunan sawit milik mereka yang sudah berumur tua untuk mengikuti program replanting/ ANTARA FOTO - Septianda Perdana

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau diberi target replanting kelapa sawit oleh pemerintah pusat seluas 26.500 Ha, target tersebut paling tinggi di seluruh Indonesia. Sebelumnya Riau mengusulkan peremajaan kelapa sawit 2021 ke Pemerintah Pusat seluas 23.774 Hektar.

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan target peremajaan kepala sawit Riau yang diberikan pusat dengan pertimbangan potensi sawit yang cukup besar.

"Target Riau untuk replanting kelapa sawit tahun ini paling besar se-Indonesa. Itu karena pusat menilai potensi sawit di Riau cukup banyak," ujarnya dalam siaran pers Jumat (19/2/2021).

Zulfadli menyampaikan dari 26.500 Ha replanting yang diberikan pusat, pihaknya menargetkan sampai akhir tahun bisa terealisasi 80 persen.

"Untuk mencapai target 80 persen replanting itu, tentu kami tidak bisa sendiri. Kami butuh dukungan semua pihak terkait, makanya kami akan gandeng asosiasi kelapa sawit dan pihak terkait lainnya untuk mensukseskan program ini," ujarnya.

Lebih lanjut Zulfadli merincikan target pusat per kabupaten/kota se-Riau diantaranya, Kabupaten Kampar 4.500 Ha, Rokan Hulu 2.000 Ha, Pelalawan 5.000 Ha, Rokan Hilir 2.000 Ha, Siak 4.000 Ha.

Kemudian, Kuantan Singingi 3.000 Ha, Indragiri Hulu 2.000 Ha, Bengkalis 1.000 Ha, Indragiri Hilir 2.000 Ha, dan Kota Dumai.

"Kalau melihat target pusat, Kampar paling banyak mendapat replating kelapa sawit. Yang sedikit itu Dumai hanya 1.000 Ha. Sedangkan dua daerah lainnya yakni Kepulauan Meranti dan Pekanbaru tidak ada target replanting karena mereka tidak ada potensi kelapa sawit."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau kelapa sawit
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top