Baru 16.775 Tenaga Kesehatan di Sumsel Disuntik Vaksin Covid-19

Kepala Seksi Survei dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri, mengatakan masih rendahnya angka pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) lantaran distribusi vaksin yang belum merata.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Jumlah tenaga kesehatan di Sumatra Selatan yang telah mendapat vaksin Covid-19 tercatat baru 16.775 orang dari total 48.711 orang.

Kepala Seksi Survei dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel Yusri mengatakan masih rendahnya angka pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) lantaran distribusi vaksin yang belum merata.

“Distribusi vaksin belum menyeluruh, ada satu kabupaten, yakni Empat Lawang rencananya juga baru mulai vaksin hari ini,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Yusri menjelaskan hingga saat ini proses penyuntikan vaksin sudah berjalan 34,44 persen di 16 kabupaten dan kota di Sumsel.

Selain itu, penyuntikan vaksin Covid-19 untuk 2.353 nakes lainnya juga ditunda karena kondisi kesehatan para penerima vaksin tersebut.

“Untuk tenaga kesehatan yang ditunda itu harus dijadwalkan ulang oleh petugas vaksinasi,” ujarnya.

Dia menambahkan ada pula 7.319 orang tenaga kesehatan yang batal mendapatkan vaksin dengan berbagai alasan. 

“Sebanyak 7.319 tenaga kesehatan yang batal divaksin itu karena memiliki penyakit penyerta yang dapat berisiko tinggi terhadap kesehatannya,” kata Yusri.

Yusri menjelaskan Sumsel telah mendapatkan jatah vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 100.200 dosis. Saat ini semua vaksin dan telah didistribusikan ke 17 kabupaten dan kota. 

“Kami berharap kabupaten dan kota segera menyelesaikan proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan penanganan Covid-19,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper