Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

70 BTS Telkomsel Sumbagteng Sudah Terapkan Hydro Fuel Cell

Bisnis.com, PEKANBARU--Sebanyak 70 Base Transceiver Station (BTS) atau tower Telkomsel di wilayah Sumatra Bagian Tengah saat ini telah menerapkan teknologi ramah lingkungan yaitu hydro fuel cell.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  22:54 WIB
70 Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel di Wilayah Sumbagteng saat ini sudah menerapkan teknologi hydro fuel cell  -  istimewa
70 Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel di Wilayah Sumbagteng saat ini sudah menerapkan teknologi hydro fuel cell - istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Sebanyak 70 Base Transceiver Station (BTS) atau tower Telkomsel di wilayah Sumatra Bagian Tengah saat ini telah menerapkan teknologi ramah lingkungan yaitu hydro fuel cell.

General Manager NOQM Telkomsel Regional Sumbagteng , Alvo Ismail mengatakan untuk menggelar akses broadband digital ke seluruh negeri, Telkomsel saat ini membutuhkan berbagai jenis sumber energi untuk mengoperasikan 228.000 Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kebutuhan energi yang besar mendorong Telkomsel untuk memanfaatkan energi ramah lingkungan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi hydro fuel cell.

 “Telkomsel turut berkomitmen mendukung cita-cita pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis energi bersih atau ramah lingkungan. Komitmen tersebut diwujudkan dengan pemanfaatan hydro fuel cell, sumber energi dengan bahan bakar Hydro Plus [campuran methanol dan air] yang kami implementasikan di beberapa BTS di wilayah Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat,” ujarnya dalam siaran pers Rabu (3/2/2021).

Dia memaparkan teknologi hydro fuel cell yang dipasang di sejumlah tower Telkomsel ini dapat memproduksi energi listrik dengan gas buang berupa uap air (zero emission). Saat ini pihaknya telah mengoperasikan 216 BTS Go Green Fuel Cell di seluruh Indonesia, dengan 70 BTS tersebar di wilayah Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat, atau menjadi yang terbanyak di Tanah Air.

Penggunaan sumber energi alternatif ramah lingkungan ini juga turut menjadi bagian dari usaha Telkomsel memastikan ketersediaan jaringan broadband di seluruh penjuru negeri. Menurutnya pemanfaatan energi ramah lingkungan bukanlah hal baru bagi Telkomsel. Sebelumnya perseroan telah memanfaatkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan diantaranya solar cell (tenaga surya ) dan wind turbin (tenaga angin).

Pemanfaatan energi ramah lingkungan tersebut dapat diwujudkan berkat riset berkesinambungan berlandaskan semangat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan Telkomsel.

 “Semangat pemanfaatan energi ramah lingkungan ini akan terus kami jaga untuk mewujudkan Industri Telekomunikasi yang ramah lingkungan di Indonesia. Dengan kapabilitas yang kami miliki, Telkomsel akan terus menghadirkan layanan serta solusi digital terkini dengan pemanfaatan sumber energi tanpa emisi.”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel seluler tower
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top