Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Cabang Lomba Juara Pertama, Sumut Peringkat Enam MTQN XXVIII

Dua orang kafilah asal Sumatra Utara (Sumut) mengharumkan nama Sumut dalam upacara penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVIII Tahun 2020 di Sumatra Barat, Jumat (20/11/2020).
Panggung untuk MTQN XXVIII.
Panggung untuk MTQN XXVIII.

Bisnis.com, MEDAN - Dua orang kafilah asal Sumatra Utara (Sumut) mengharumkan nama Sumut dalam upacara penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVIII Tahun 2020 di Sumatra Barat, Jumat (20/11/2020). Kedua kafilah tersebut berhasil menyabet juara pertama cabang lomba Hafalan 20 Juz dan Seni Kaligrafi Dekorasi.

Pemenang cabang lomba Hafalan 20 Juz adalah Rizki Maulana yang berasal dari Kota Medan. Sebelumnya Rizki pernah menyabet juara I pada MTQ Internasional Asia Pasifik hafalan 20 juz tahun 2019 yang digelar di Jakarta.

Rizki mulai mengikuti MTQ sejak duduk di bangku SMP. Pada tahun 2018, ia meraih juara pertama untuk hafalan 10 juz lalu kemudian mengikuti MTQ Internasional tahun 2019 tingkat Asia Pasifik dan meraih juara pertama.

“Alhamdulillah, perasaan saya pasti senang bisa menjadi juara pertama pada MTQN XXVIII ini. Untuk ke depan saya akan berupaya meningkatkan prestasi,” kata Rizki, Minggu (22/11/2020).

Sementara itu juara pertama cabang lomba Seni Kaligrafi Dekorasi adalah Taufik Hasibuan. Kafilah asal Kabupaten Padang Lawas ini telah menjajal MTQ tingkat provinsi sejak tahun 2010. Pada tahun 2015, Taufik berhasil menjadi juara pertama salah satu cabang lomba di MTQ Provinsi Sumut.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Tapanuli Selatan ini mulai belajar seni kaligrafi sejak duduk di bangku SMP. Kemudian di tahun 2014 melanjutkan kemampuannya dalam seni kaligrafi saat belajar di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin di Padang Lawas. Ia kembali mengasah kemampuan kaligrafinya di Lembaga Kaligrafi Alquran di Sukabumi selama dua tahun.

“Tantangan dalam seni kaligrafi dekorasi ini adalah kaedah-kaedah penulisan hurufnya. Sebab, seni ini membutuhkan ukuran-ukuran tertentu huruf juga lebar dan ketebalannya,” ungkap Taufik, Minggu (22/11/2020).

Adapun, Sumut menduduki peringkat keenam dalam perhelatan MTN XXVIII tahun ini. Hal tersebut berdasarkan keputusan Dewan Hakim Nomor 03/Kep.DH./MTQN-XXVIII/2020 tentang Penetapan Juara Umum dan Peringkat 10 Besar MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 di Kota Padang, Sumbar.

Ketua Dewan Hakim MTQ, Prof Roem Rawie didampingi Sekretaris Dewan Hakim Ali Zamawawi mengumumkan Provinsi Sumbar menjadi juara umum dalam upacara penutupan di Halaman Masjid Raya Sumbar, Jumat (20/11) malam.

Sedangkan DKI Jakarta yang sebelumnya pada MTQN XXVII di Sumut tahun 2018 menjadi juara umum, kini bertengger sebagai runner-up. Peringkat ketiga diraih Jawa Timur, keempat Jawa Barat, kelima Kepulauan Riau, keenam Sumut, ketujuh Banten, kedelapan Riau, kesembilan Nusa Tenggara Barat, dan kesepuluh Kalimantan Barat.

Perhelatan yang dilangsungkan sejak Kamis (12/11/2020) hingga Jumat (20/11/2020) ini ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper