Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tempat Wisata di Palembang Kembali Bergairah

Sejumlah tempat wisata di Kota Palembang mulai bergairah setelah kembali beroperasi meski dengan penerapan protokol kesehatan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Sejumlah tempat wisata di Kota Palembang mulai bergairah setelah kembali beroperasi meski dengan penerapan protokol kesehatan.

Taman air Amanzi Waterpark, misalnya. Pengelola waterpark tersebut sudah menerima pengunjung dengan jam operasional terbatas dan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat.

“Amanzi sudah operasional sejak Oktober lalu. Sudah terjadi peningkatan kunjungan meskipun saat ini operational hanya dibuka Jumat, Sabtu, Minggu,” kata Chief of Operational Amanzi Waterpark, Louise Melisa Elimia, baru-baru ini.

Selama operasional, ia memastikan pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari pemesan tiket yang secara online. Sebelum masuk ke wahana diwajibkan mengenakan masker, menjaga jarak saat dalam antrean. Wajib mencuci tangan, diukur suhu tubuh dan juga harus melalui bilik disinfektan.

“Selain itu, pengunjung dibatasi 1.500 orang dari kapasitas 3.500. Tiap pengunjung dilarang,” katanya.

Kondisi serupa juga dirasakan pengelola Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Sempat tutup selama 4 bulan, kini taman wisata tersebut kembali dibuka untuk umum.

Demi menghindari penyebaran Covid-19, pengelola memberlakukan cukup sekali bayar di loket untuk menikmati beberapa wahana.

“Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak langsung dengan pengunjung. Kami juga mengimbau pengunjung jaga jarak," terang Pengelola TWA Punti Kayu Raden.

Tak hanya itu, pengunjung juga diharuskan pakai masker, cek suhu badan dan cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer setiap memasuki wahana. 

Saat masuk pengunjung diharuskan menjaga jarak. Mengisi kartu K3 (kendali kewaspadaan kesehatan) saat melakukan transaksi tiket. 

“Jadi, pengunjung bisa terpantau, mulai dari identitas diri dan status kesehatan. Siapa yang terkena covid atau yang harus menjalani masa karantina. Kami juga lakukan pembatasan pengunjung,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di OPI Water Fun Jakabaring. 

Humas OPI Water Fun Lena Adi Pratiwi mengatakan sebelum masuk, seluruh pengunjung diperiksa suhu tubuhnya. 

“Kami juga siapkan beberapa titik fasilitas cuci tangan di area OPI Water Fun,” kata dia.

Dia menambahkan, pengunjung juga wajib memakai masker. “Tapi, bagi yang berenang tidak kami anjurkan menggunakan masker, sebab bisa membahayakan,” kata dia.

Lena mengatakan, seluruh area OPI Water Fun secara rutin selalu dilakukan sterilisasi sebelum dan sesudah oprasional dengan penyemprotan disinfektan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper