Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sejumlah Mal di Medan Terapkan 3M

Adaptasi kebiasaan baru (AKB) mengubah kebiasaan berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan. Sejumlah pusat perbelanjaan modern di Medan menerapkan protokol kesehatan melalui gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  18:53 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Adaptasi kebiasaan baru (AKB) mengubah kebiasaan berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan. Sejumlah pusat perbelanjaan modern di Medan menerapkan protokol kesehatan melalui gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Beberapa implementasi kampanye 3M yang dilakukan pusat perbelanjaan Sun Plaza Medan, yaitu penggunaan wajib masker di area mall, jaga jarak minimal 1,5 meter, menyediakan hand sanitizer di titik-titik yang mudah dijangkau.

“Pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area mal dengan batas maksimal adalah 37,5 derajat Celcius. Apabila suhu tubuh berada pada batas maksimal atau melebihi, ditetapkan larangan masuk area mal,” ungkap Marketing Communication Manager Sun Plaza Yokie, Kamis (22/10/2020).

Prosedur jaga jarak difokuskan Sun Plaza di area pintu masuk, saat berbelanja, menunggu antrean di kasir, antrean customer service, area makan atau food court, dan saat menggunakan lift maupun eskalator. Para frontliner juga dilengkapi dengan sarung tangan dan pelindung wajah untuk meminimalisir kontak langsung dengan pengunjung.

Selain itu, salah satu pusat perbelanjaan paling padat pengunjung di Kota Medan ini, ikut mengampanyekan 3M melalui poster, videotron, dan stiker. Sun Plaza juga melakukan komunikasi intensif dan menerima kunjungan rutin Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setiap bulannya.

“Dengan penerapan materi-materi pemberitahuan di berbagai media seperti standing poster, videotron, stiker dan lainnya. Satgas Covid-19 juga secara rutin berkunjung ke mal. Komunikasi kami lakukan secara rutin,” kata Yokie.

Untuk meminimalisir kontak langsung, pihak Sun Plaza mengimbau pengunjung melakukan transaksi nontunai, melalui alat pembayaran elektronik seperti QRIS, OVO, dan Dana.

Plaza Medan Fair yang masih bernaung di satu grup perusahaan dengan Sun Plaza juga menerapkan hal serupa. Menurut pantauan Bisnis.com, setiap pengunjung harus diukur suhu tubuhnya dan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki gedung Plaza Medan Fair.

Tersedia setidaknya empat buah westafel dilengkapi sabun pencuci tangan di pintu masuk basement. Tersedia juga hand sanitizer di beberapa titik, seperti di area customer service, ATM center, lift, dan eskalator.

Sementara itu, pusat perbelanjaan Deli Park Mall di Medan menyiagakan satuan tugas (satgas) khusus yang berpatroli untuk mengingatkan pengunjung menggunakan masker dan menjaga jarak. Mereka merupakan tim keamanan Deli Park Mall yang menggunakan pakaian khusus.

“Delipark memiliki Satgas khusus berseragam yang patroli. Satgas Covid di Delipark merupakan bagian dari Security Delipark,” Ungkap Center Director Deli Park Mall Selvyn.

Hal ini dilakukan Deli Park Mall untuk aktif memonitor pengunjung dan tenant. Deli Park Mall melakukan komunikasi dua arah dengan tenant untuk mengkoordinasikan penerapan protokol kesehatan di store masing-masing.

"Effort kita tetap dengan cara aktif monitor dan komunikasi dengan tenant untuk menerapkan protokol kesehatan. Kita menggunakan komunikasi dan koordinasi karena yang terbaik adalah kesadaran diri setiap individu," ujar Selvyn.

Pusat perbelanjaan yang dibuka pada akhir November 2019 ini juga menyediakan wastafel, hand sanitizer, dan pengukuran suhu tubuh di setiap akses masuk.

Selain itu, signage yang tersebar di beberapa titik, termasuk LED Panoramic yang terletak di atrium utama digunakan untuk mengimbau pengunjung memakai masker dan jaga jarak mulai dari lift, eskalator, dan bangku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medan Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top