Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Padi Sumsel Berpotensi Meningkat Jadi 2,69 Juta Ton GKG

Produksi padi Sumatra Selatan berpotensi mencapai 2,69 juta ton gabah kering giling (GKG) pada tahun ini atau meningkat tipis 3,59 persen dibanding tahun lalu.
Ilustrasi-Petani mengumpulkan bibit padi usia 3 pekan/Antara
Ilustrasi-Petani mengumpulkan bibit padi usia 3 pekan/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Produksi padi Sumatra Selatan berpotensi mencapai 2,69 juta ton gabah kering giling (GKG) pada tahun ini atau meningkat tipis 3,59 persen dibanding tahun lalu.

Angka tersebut berdasarkan perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel dengan menggunakan metode kerangka sampel area (KSA).

“Setelah kami hitung, ada potensi peningkatan produksi padi hingga akhir tahun 2020 di Sumsel. Selain itu terdapat pula beberapa fenomena yang mendukung peningkatan tersebut,” kata Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih, Kamis (15/10/2020).

Endang menjelaskan penghitungan angka potensi juga menggunakan produktivitas Survei Ubinan Subround III 2019.

Dia memaparkan kondisi iklim di mana kemarau yang relatif panjang pada tahun lalu membuat masa tanam mundur ke akhir 2019, sehingga terjadi musim panen pada Maret 2020.

Kemudian, kata dia, ada pula program peningkatan indeks pertanaman (IP) melalui penyaluran benih bersertifikat untuk lahan seluas 23.500 hektare (ha). 

“Pemerintah juga melaksanakan program sapras pertanian, mulai dari perbaikan jaringan irigasi tersier, optimasi lahan, serta pengadaan embung pertanian,” katanya.

Menurut Endang potensi peningkatan produksi juga dibarengi dengan potensi peningkatan luas panen sepanjang tahun 2020. Pihaknya menghitung terjadi peningkatan luas panen sebesar 2,21 persen dari semula 539.320 ha menjadi 551.240 ha.

Endang mengatakan produksi padi banyak disokong oleh Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Meski berpotensi meningkat, namun pihaknya juga memotret bahwa terjadi penurunan produksi jika dihitung realisasi sepanjang Januari – September 2020.

“Penurunan itu terjadi baik untuk produksi padi, beras, maupun luas panen. Namun memang sifatnya adalah angka sementara,” katanya.

Apalagi, kata dia, ada fenomena terjadinya 103 bencana alam di Sumsel hingga September 2020, seperti banjir, banjir bandang, puting beliung, dan tanah longsor karena pengaruh musim hujan.

“Paling banyak terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, OKU Selatan, Muara Enim, dan Ogan Komering Ulu,” kata Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper