Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Divre III Bakal Operasikan Kembali Kereta Kertapati–Lubuk Linggau

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang bakal mengoperasikan perjalanan Kereta Api Serelo Rute Kertapati - Lubuk Linggau (PP) mulai tanggal 24 September 2020.
Suasana Stasiun Kertapati Palembang sebelum pandemi Covid-19./Bisnis/Dinda Wulandari
Suasana Stasiun Kertapati Palembang sebelum pandemi Covid-19./Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang bakal mengoperasikan perjalanan Kereta Api Serelo Rute Kertapati–Lubuk Linggau (PP) mulai 24 September 2020.

Perjalanan kereta tersebut sempat berhenti sejak 1 April 2020 untuk menekan penyebaran Covid-19.

Kepala Divisi Regional III Palembang, Tamsil Nurhamedi, mengatakan beroperasinya KA Serelo sebagai komitmen perusahaan untuk tetap menyediakan transportasi yang murah dan hemat waktu perjalanan. 

Pihaknya memastikan operasional kereta tersebut tetap memenuhi protokol kesehatan sehingga penumpang aman selama perjalanan.

“Selain itu operasional KA Serelo juga dalam rangka menyambut HUT KA ke-75 tahun tanggal 28 September nanti,” ujarnya pada Senin (21/9/2020).

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menjelaskan para penumpang yang akan berpergian wajib mengikuti protokol kesehatan.

“Ada syarat dan ketentuan bagi calon penumpang yaitu dalam kondisi sehat, wajib menggunakan masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, penumpang juga harus menunjukkan surat bebas Covid-19 melalui hasil rapid test atau polymerase chain reaction (PCR) yang masih berlaku 14 hari.  Penumpang juga diminta menggunakan baju lengan panjang/jaket, face shield, dan menjaga jarak.

Penumpang yang bertiket akan mendapatkan face shield dari PT KAI, sedangkan bagi penumpang infant [di bawah 3 tahun] tidak disediakan dan menyediakan sendiri.

Aida menambahkan bagi penumpang yang telah memiliki tiket dan belum melakukan rapid test untuk mendapatkan surat keterangan bebas Covid 19, tidak perlu khawatir. PT KAI bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) memberi kemudahan untuk menyediakan pelayanan rapid test dengan harga hanya Rp85.000 per orang.

Layanan rapid test tersebut tersedia di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuklinggau. 

“Kami harap masyarakat yang hendak menggunakan kereta untuk melakukan rapid test maksimal 1 hari sebelum keberangkatan kereta untuk menghindari penumpukan penumpang,” tuturnya.

Dia juga mengimbau penumpang datang ke stasiun lebih awal minimal 60 menit sebelum keberangkatan agar tetap nyaman dan aman serta protokol jaga jarak dapat berjalan dengan baik.

Aida melanjutkan pihaknya juga bakal membatasi okupansi penumpang menjadi 70 persen dari tiket yang dijual. “Penempatan tempat duduk akan diatur berdasarkan sistem dalam pemesanan tiket serta berlaku jaga jarak.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper