Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PTPN IV Kebun Bah Jambi Kelola Lahan HGU

PTPN IV Kebun Bah Jambi merupakan satu dari 29 kebun kelapa sawit yang dikelola perseroan.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 16 September 2020  |  21:43 WIB
Lahan HGU PTPN IV.
Lahan HGU PTPN IV.

Bisnis.com, MEDAN — PTPN IV Kebun Bah Jambi merupakan satu dari 29 kebun kelapa sawit yang dikelola perseroan, yang terletak di Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dan Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatra Utara.

Manajer PTPN IV Kebun Bah Jambi, Edi Harianto, menjelaskan luas areal Hak Guna Usaha (HGU) 7.574,63 hektare yang dibagi dalam sembilan afdeling. Dari total lahan terdiri dari tanaman menghasilkan seluas 4.103 hektare, tanaman belum menghasilkan 2.028 hektare dan tanaman ulang seluas 491 hektare dan areal lain-lain 952,63 hektare.

Adapun di lapangan ada fenonema warga masyarakat Nagori Mariah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Kabupaten Simalungun telah menggarap/ menyerobot lahan PTPN IV Kebun Bah Jambi, sejak 13 Agustus 2020 hingga 16 September 2020, dengan menanami tanaman jagung, pisang dan ubi kayu.

“Walaupun PTPN IV memiliki HGU, kami sampai saat ini tidak ada merusak ataupun mencabut tanaman yang ditanam masyarakat,” kata Edi Harianto, Rabu (16/9/2020).

Areal HGU PTPN IV ini terletak di afdeling II tahun tanam 1995 atau sudah 25 tahun di blok 95 seluas 85 hektar, merupakan areal tanaman ulang (replanting), yang persiapan lahannya sejak Maret 2020 yang lalu untuk ditanami kelapa sawit sesuai dengan rencana korporasi, demikian dikatakan Edi Harianto.

Lahan tersebut adalah milik PTPN IV Kebun Bah Jambi (sesuai Surat Keputusan BPN No. 14/HGU/BPN /2003 dan berakhir tanggal 31 Desember 2026).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn iv
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top