Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Orang Sakit Jiwa Bakar GOR Saburai di Bandar Lampung

GOR Saburai di Bandar Lampung mengalami kebakaran yang diduga akibat seseorang dengan gangguan jiwa membakar sampah.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 September 2020  |  20:29 WIB
Sebagian bangunan GOR Saburai di BHandar Lampung dibakar orang dengan gangguan jiwa./Antara - Dian Hadiyatna
Sebagian bangunan GOR Saburai di BHandar Lampung dibakar orang dengan gangguan jiwa./Antara - Dian Hadiyatna

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Satu orang gila yang membakar sampah mengakibatkan api membesar dan membakar sebagian Gelanggang Olahraga (GOR) Saburai di Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, pada Selasa (15/9/2020).

Badan Penanggulan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung mengerahkan tujuh mobil pemadam kebakaran dengan total 30 personel dan 1 jam kemudian api dapat dipadamkan.

Menurut salah satu Staf Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lampung yang berkantor di gedung GOR Saburai, Galih, 32 tahun, saat kembali ke kantor itu sekitar pukul 15.00 WIB, dia melihat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sedang duduk di bawah gedung yang terbakar tersebut.

"Saya lihat memang ada ODGJ di situ, tapi ketika itu belum terjadi kebakaran," paparnya.

Dia mengaku baru mengetahui kebakaran setelah ada orang dari luar berteriak-teriak kebakaran. "Jadi, ada orang dengan motor beat merah berteriak ‘kebakaran.. kebakaran’, kemudian saya langsung ke luar kantor dan ternyata api sudah besar," tuturnya.

Galih pun mengungkapkan bahwa ODGJ tersebut memang dari tadi pagi ingin menghidupkan api di sekitaran GOR Saburai dengan sampah yang dia kumpulkan, tetapi ketahuan oleh orang kantor sehingga diusir.

"Kalau melihat langsung ODGJ itu membakar tidak lihat, tapi emang orang gila itu memang mencoba main bakar-bakaran dengan sampah yang dikumpulkan, tapi diusir oleh orang kantor," lanjut Galih.

Sekretaris BPBD Kota Bandar Lampung M. Rizki mengatakan bahwa pihaknya mengetahui adanya kebakaran di GOR Saburai dari laporan masyarakat pukul 15.00 WIB.

"Api sudah padam tadi sekitar pukul 16.00 WIB dengan mengerahkan tujuh mobil pemadam kebakaran dan 30 personel BPBD," jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa material yang terbakar pada GOR tersebut yakni gedung baru yang bawahnya terdapat tumpukan kayu.

"Dapat saya sampaikan sampaikan bahwa yang terbakar yakni bangunan baru yang di sana banyak tumpukan kayu," jelasnya sebagaimana dilansir Antara.

Dalam catatan Bisnis.com, GOR Saburai dibangun pada 1977 ketika Provinsi Lampung dipimpin oleh Gubernur R. Sutiyoso. Status GOR Saburai saat ini dalam proses renovasi, tetapi mandek di tengah jalan seiring dengan pergantian kepemimpinan di daerah tersebut.

Sejumlah event olahraga nasional pernah digelar di GOR tersebut yaitu Sarung Tinju Emas, Kejurnas Tinju Amatir, Kejurnas Karate, kejuaraan bulu tangkis Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas), Pencak Silat National Open Tournamen Lampung Championship, dan banyak lagi lainnya.

Mengenai pengamanan seorang dengan gangguan jiwa yang diduga menyebabkan kebakaran tersebut, sebagaimana video yang beredar di berbagai grup WA, tidak mengalami pemukulan massa.

“Jangan dipukul, ini orang gila beneran, bukan kayak yang kemarin [2 hari lalu, penusukan ulama Stech Ali Jaber di Jalan Tamin, Bandar Lampung],” kata seseorang yang ikut mengamankan ODGJ yang diduag membakar sampah hingga mengakibatkan GOR Saburai terbakar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung kebakaran
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top