Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Pertama Dokter Meninggal karena Covid-19 di Riau

Dokter tersebut bertugas di Puskemas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar. Sempat dirawat di RSUD Arifin Achmad.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 12 September 2020  |  17:23 WIB
Gubernur Riau Syamsuar bersama sejumlah tenaga kesehatan, pelayat dan keluarga almarhum melakukan shalat jenazah untuk dokter Oki Alfin yang sudah ditempatkan di peti mati setelah meninggal akibat COVID-19, di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (12/9/2020). - Antara/FB Anggoro
Gubernur Riau Syamsuar bersama sejumlah tenaga kesehatan, pelayat dan keluarga almarhum melakukan shalat jenazah untuk dokter Oki Alfin yang sudah ditempatkan di peti mati setelah meninggal akibat COVID-19, di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (12/9/2020). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU – Tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan pasien Covid-19 satu per satu gugur. Dokter Oki Alfian menghembuskan nafas terakhir hari ini di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, kasus pertama dokter meninggal di Riau.

"Telah meninggal salah seorang pahlawan kemanusiaan dari dokter. Tak lama setelah salah seorang perawat kita di Dumai juga meninggal karena covid-19," kata Gubernur Riau Syamsuar, dikutip keterangan resmi, Sabtu (12/9/20)

Sebelumnya, dokter tersebut bertugas di Puskemas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar. Sempat dirawat di RSUD Arifin Achmad.

Gubernur Riau berpesan kepada para tenaga kesehatan untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat bertugas melayani masyarakat.

"Selamatkan terlebih dahulu tenaga medis kita yang akan melayani masyarakat," katanya.

Dengan adanya dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19 tersebut, pihaknya meminta para tenaga kesehatan di Riau untuk dapat lebih meningkatkan kewaspadaan dalam hal pelayanan pasien.

Gubernur juga mengarahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kabupaten untuk memberikan kesempatan kepada tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 agar diberikan waktu istirahat untuk menjaga sistim imunnya.

Kepada Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nizar memaparkan ada tenaga kesehatan yang terpapar virus Covid-19 di 46 fasilitas pelayanan kesehatan 10 kabupaten/kota.

Jumlahnya mencapai 199 orang dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 152 orang dan laki-laki 47 orang. Rentang usia 18 sampai 40 tahun sebanyak 132 orang dan 40 hingga 60 tahun sebanyak 60 orang.

“Kabar baiknya sehat 143 orang, 55 orang masih menjalani perawatan. Sementara 1 orang meninggal dua hari lalu,” katanya pada Jumat (11/9/2020).

Selain dokter, tenaga kesehatan perawat juga sebelumnya meninggal di Dumai positif Covid-19. Ny. R (50) sebelumnya bertugas di RSUD Dumai menghembuskan nafas terakhir Selasa (8/9/2020). Total saat ini tenaga kesehatan Riay yang meninggal akibat virus corona mencapai 2 orang.(K42)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top