Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hasil Tes Keluar Belakangan, Jenazah Ini Dimakamkan Tanpa Prosedur Covid-19

Akibat hasil tes terlambat diketahui, satu jenzah pasien Covid-19 dimakamkan seperti biasa tanpa melalui prosedur penanganan Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 September 2020  |  12:52 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, MEULABOH - Kecepatan hasil tes menjadi kendala untuk mengetahui apakah jenazah seseorang positif Covid-19 atau tidak.

Akibat kondisi tersebut, satu jenazah pasien Covid-19 dimakamkan tanpa prosedur yang semestinya.

Hal itu dikonfirmasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat.

Jenazah satu pasien positif Covid-19 asal Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, tidak dikuburkan sesuai dengan protokol kesehatan karena hasil pemeriksaannya baru keluar pada Kamis (10/9), sehari setelah pasien tersebut meninggal dunia.

"Karena hasil (pemeriksaan) swab almarhum BH terlambat terbit, makanya tidak sempat dilakukan pemakaman sesuai protokol kesehatan, karena jenazah lebih dulu dibawa pulang ke Aceh Barat dari Banda Aceh untuk dimakamkan oleh pihak keluarga," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Barat Amril Nuthihar di Meulaboh, Jumat (11/9/2020).

Amril menjelaskan bahwa pasien tersebut menjalani pemeriksaan Covid-19 pada 6 September 2020 dan meninggal dunia di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh pada 9 September 2020 pukul 07.30 WIB, sehari sebelum hasil pemeriksaan keluar.

"Keluarga menolak dinyatakan BH meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, tapi hasil (pemeriksaan) swab-nya memang sudah ada di Dinas Kesehatan Aceh Barat," kata Amril.

Menurut dia, jenazah pasien itu dimakamkan di Desa Seumantok sebagaimana umumnya pemakaman jenazah sesuai ajaran agama Islam karena hasil pemeriksaan terlambat diketahui.

Guna meminimalkan risiko penularan Gugus Tugas melacak warga yang berisiko tertular virus corona dari pasien tersebut serta melakukan pemeriksaan Covid-19 di Kecamatan Pante Ceureumen.

Dengan kasus satu pasien tersebut maka jumlah pasien Covid-19 asal Aceh Barat yang meninggal dunia seluruhnya empat orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh covid-19

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top