Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kuota Internet Gratis 35 GB, Jambi Input Nomor Hape ke Dapodik

Setiap peserta didik yang nomor teleponnya telah diinput akan mendapatkan bantuan kuota internet sebanyak 35 GB.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 September 2020  |  08:51 WIB
Ilustrasi-Siswa mengerjakan tugas sekolah di pos kamling lantaran keterbatasan jaringan internet - Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi-Siswa mengerjakan tugas sekolah di pos kamling lantaran keterbatasan jaringan internet - Antara/Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAMBI - Pemerintah mengalokasikan bantuan kuota internet bagi siswa-siswi guna mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Jambi melalui dinas pendidikan setempat melakukan pendataan terhadap nomor siswa dan siswi SD dan SMP sederajat.

“Saat ini kita masih mendata nomor telepon siswa baik SD maupun SMP agar mendapatkan bantuan kuota internet dari pemerintah,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Muklis di Jambi, Rabu (2/9/2020).

Pemerintah Pusat telah mengeluarkan surat edaran kepada Dinas Pendidikan. Dalam surat edaran tersebut Dinas Pendidikan diinstruksikan untuk melakukan pendataan dan melengkapi nomor handphone para peserta didik yang aktif melalui aplikasi data pokok kependidikan (Dapodik).

Sampai dengan Rabu (2/9) untuk peserta didik tingkat SMP terdata 30.000 nomor telepon yang akan diinput ke dalam dapodik untuk mendapatkan bantuan kuota internet. Untuk peserta didik tingkat SD terdata 59.248 nomor telepon.

Nantinya setiap peserta didik yang nomor teleponnya telah diinput akan mendapatkan bantuan kuota internet sebanyak 35 GB.

“Saat ini masih pendataan oleh masing-masing sekolah dengan menginput nomor handphone siswa ke Dapodik, sekitar tanggal 12 September akan dikirimkan ke Kementerian,” kata Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi, Supardi.

Bantuan kuota internet tersebut tidak hanya diperuntukan untuk peserta didik, namun juga diperuntukan bagi tenaga pengajar baik yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun honorer.

Di Kota Jambi ada sekitar 3 ribu tenaga pengajar yang akan menerima bantuan kuota internet tersebut. Terkait kapan akan dikirim kuota internet tersebut Dinas Pendidikan Kota Jambi masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu, terkait dengan peserta didik yang tidak memiliki sarana dan prasarana penunjang sistem pembelajaran secara daring, dijelaskan Muklis peserta didik tersebut tetap menjalankan sistem pembelajaran luar jaringan (luring). Yakni dengan mengambil modul belajar yang disediakan oleh pihak sekolah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jambi Pembelajaran Jarak Jauh

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top