Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontribusi Pajak dan Dividen PTPN IV Terus Meningkat

Kontribusi PT Perkebunan Nusantara IV kepada pemerintah pusat dan daerah melalui pembayaran pajak dan dividen terus meningkat.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  18:27 WIB
Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno - Istimewa
Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kontribusi PT Perkebunan Nusantara IV kepada pemerintah pusat dan daerah melalui pembayaran pajak dan dividen terus meningkat.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno mengatakan total kontribusi ke pemerintah pada 2018 mencapai Rp528,2 miliar dan meningkat pada 2019 sebesar Rp590,3 miliar.

“[Kontribusi] Pada tahun 2019 mencapai Rp590,3 miliar dengan perincian ke pusat Rp588,7 miliar dan ke daerah Rp1,5 miliar,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Perseroan juga berkontribusi terhadap penambahan devisa negara yang berasal dari penjualan ekspor komoditas kelapa sawit dan teh.

Pada 2018 perseroan menghasilkan devisa sebesar US$31,7 juta atau sebesar Rp440,1 miliar dan pada 2019 sebesar US$42,6 juata atau sebesar Rp601,5 miliar.

Seiring dengan terus membaiknya kinerja PTPN IV maka kontribusi kepada pemerintah dan kepedulian terhadap masyarakat Provinsi Sumatera Utara terus meningkat setiap tahunnya.

Sebagaimana diketahui, PTPN IV yang bergerak di industri kelapa sawit (97 %) dan teh (3%) mengelola areal konsesi 175.735 ha, 16 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan 2 Pabrik Teh (PT), yang tersebar di 10 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.

"Untuk mengelolanya maka PTPN IV mempekerjakan 19.060 orang karyawan. Sehingga ratusan ribu anggota keluarga karyawan yang berdomisili di Provinsi Sumatera Utara terkait erat dengan kelangsungan perusahaan,” tutur Sucipto.

Sementara itu, Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim mengatakan perusahaan hanya sebagai pelaksana sedangkan yang mengatur kontribusi adalah pemerintah sesuai dengan UU dan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Melihat kontribusi tersebut maka pihak manajemen juga berupaya bagaimana meningkatkan kontribusi kepada masyarakat Provinsi Sumatera Utara khususnya di sekitar kebun.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dividen ptpn iv
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top