Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Muba Tambah Fasilitas Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatra Selatan, menambah sarana dan prasarana rumah sakit sebagai persiapan menghadapi lonjakan pasien Covid-19 di daerah itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  17:03 WIB
Tenaga medis penanganan Covid/19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa
Tenaga medis penanganan Covid/19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatra Selatan, menambah sarana dan prasarana rumah sakit sebagai persiapan menghadapi lonjakan pasien Covid-19 di daerah itu.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan dirinya sudah menginstruksikan dinas kesehatan dan RSUD Sekayu untuk menambah fasilitas bagi warga yang terpapar corona.

“Muba tidak termasuk dalam daerah yang perlu dipantau pusat. Namun perlu saya tegaskan, Muba terus berjibaku memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kami sejak awal bergerak cepat,” katanya, Rabu (27/5/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Muba Azmi D mengatakan pihaknya telah menambah 60 unit tempat tidur bagi RSUD di kabupaten itu.

“Tempat tidur tersebut ditujukan untuk RSUD Bayung Lencir dan RSUD Sungai Lilin,” katanya.

Azmi melanjutkan, pihaknya juga menambah fasilitas rontgen mobile dan ventilator.  Pihaknya pun berharap Kementerian Kesehatan bisa bekerja sama menjadikan RSUD di kabupaten Muba mandiri dalam pemeriksaan swab seiring fasilitas yang telah tersedia.

“Saat ini, sudah tersedia tes cepat molekuler di 3 RS yang ada di Muba, syarat utama yaitu Bio Safety Cabinet(BCS) sudah kami adakan,” katanya.

Dia menjelaskan BCS adalah semacam lemari tabung kedap udara untuk mengelola virus dari spesimen dan ditest  di alat TCM yang setara dengan PCR swab, sehingga dalam waktu 2 sampai dengan 3 jam hasil konfirmasi positif atau negatif sudah bisa didapatkan.

Direktur RSUD Sekayu, Makson Parulian Purba, menambahkan pihaknya telah siap menangani pandemi Covid-19.

“Saat ini telah dibangun rumah sakit darurat dan 4 ruang isolasi dengan sistem tata udara bertekanan negatif berstandar internasional,” katanya.

Untuk fasilitas lainya sudah ditambahkan 56 ranjang pasien, yang terdiri dari 4 kasur elektrik  dan sisanya bed manual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona musi banyuasin covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top