Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Riau Minta Warganya Disiplin Agar Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Pemerintah Provinsi Riau berharap masyarakat disiplin dalam menjalani kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga pandemi Covid-19 dapat berakhir selambat-lambatnya Juni 2020.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  12:41 WIB
Satpol PP Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan masih mendapati masyarakat yang nongkrong hingga malam hari. Padahal saat ini sedang pandemi virus corona (Covid/19). /pekanbaru.go.id
Satpol PP Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan masih mendapati masyarakat yang nongkrong hingga malam hari. Padahal saat ini sedang pandemi virus corona (Covid/19). /pekanbaru.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau berharap masyarakat disiplin dalam menjalani kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga pandemi Covid-19 dapat berakhir selambat-lambatnya Juni 2020.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa penyebaran Covid-19 bisa selesai paling lambat pada bulan depan apabila masyarakat disiplin dalam menjalankan pembatasan sosial dan menjaga hidup bersih.

“Kami berharap, mudah-mudahan, bisa selambat-lambatnya Juni sudah selesai. Namun demikian, ini tergantung kedisiplinan dan kesiapsiagaan kita,” ujar Syamsuar, dikutip Rabu (13/5/2020).

Dia menyampaikan bahwa pemerintah telah mengeluarkan sejumlah anjuran kepada masyarakat seperti menghindari kerumunan, menjaga jarak, memakai masker, dan menjaga hidup bersih. 

Penularan Covid-19, imbuhnya, melalui interaksi dengan orang bukannya melalui udara, sehingga rajin-rajin mencuci tangan merupakan salah satu upaya untuk membatasi penularan penyakit yang muncul pertama kali di Wuhan, China tersebut.

Lebih lanjut, Provinsi Riau telah menyiapkan usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk sebagian kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Adapun, Kota Pekanbaru telah lebih dulu mengajukan PSBB sejak 17 April 2020. Tiga hari lalu, Pemprov Riau kembali mengajukan PSBB untuk Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kampar,  Bengkalis, dan Siak ke Kementerian Kesehatan.

“Tadinya memang saya telah mengusulkan PSBB sebagian provinsi, yaitu kabupaten dan kota yang bertetangga dengan Pekanbaru. Kami telah usulkan ke Menkes tapi sampai saat ini kami masih menunggu apakah nanti disetujui atau belum,” jelas Syamsuar.

Adapun, pengajuan PSBB itu disebut sebagai bentuk antisipasi menahan laju penularan Covid-19 karena sejauh ini masih ada 1 kabupaten di Riau yang belum memiliki kasus positif Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekanbaru Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top