Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rukyatul Hilal Puasa di Kepri Digelar di Bukit Cermin

Rukyatul hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah dari Bukit Cermin, Tanjungpinang pada pukul 17.00 WIB, Kamis (23/4/2020).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 April 2020  |  00:56 WIB
Ilustrasi proses rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan./Antara - Zabur Karuru
Ilustrasi proses rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan./Antara - Zabur Karuru

Bisnis.com, TANJUNGPINANG– Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau akan melakukan rukyatul hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah dari Bukit Cermin, Tanjungpinang pada pukul 17.00 WIB, Kamis (23/4/2020).

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Kabid Binmas) Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Edi Batara mengatakan Kemenag pusat sudah menentukan 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi.

Titik pantau terbanyak di Provinsi Jawa Timur, yakni 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi. Sementara di Provinsi Kepri hanya satu lokasi.

"Untuk Provinsi Kepri lokasi yang ditentukan adalah Bukit Cermin, Tanjungpinang," ungkap Edi Batara di Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepri, pada Selasa (21/4/2020).

Pada kegiatan itu nanti, kata dia, Kemenag Tanjungpinang dan Kemenag Bintan akan turut bergabung.

Rukyatul hilal dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerjasama dengan ormas Islam, BMKG, dan Pengadilan Agama.

"Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadhan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat, untuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai," jelasnya.

Menurutnya, sehubungan kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, termasuk di Provinsi Kepri sidang isbat akan digelar dengan skema berbeda.

Kemenag Pusat akan memanfaatkan sarana teleconference dalam sidang isbat tahun ini. Sementara didaerah dalam proses pemantauan masing-masing peserta akan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan protokol kesehatan.

"Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Makanya yang akan ikut hadir jumlahnya sangat terbatas," tutur Edi Batara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepulauan riau Ramadan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top