Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

25.796 Warga Riau Daftar Kartu Prakerja, Masih Ada Jatah 67.097

Jonli, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, mengatakan jumlah tersebut masih jauh dari kuota yang diberikan pemerintah pusat sebanyak 92.893 orang. Dengan demikian, masih tersisa 67.097 orang lagi yang bisa mendaftar Kartu Prakerja dari Provinsi Riau.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyimak pertanyaan wartawan saat memberikan keterangan  terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah resmi meluncurkan situs Kartu Prakerja yang diharapkan dapat membantu tenaga kerja yang terdampak COVID-19 untuk meningkatkan keterampilan melalu berbagai jenis pelatihan secara daring yang dapat dipilih sesuai minat masing-masing pekerja. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyimak pertanyaan wartawan saat memberikan keterangan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah resmi meluncurkan situs Kartu Prakerja yang diharapkan dapat membantu tenaga kerja yang terdampak COVID-19 untuk meningkatkan keterampilan melalu berbagai jenis pelatihan secara daring yang dapat dipilih sesuai minat masing-masing pekerja. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PEKANBARU—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau mengumumkan sudah ada 25.796 orang yang telah mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja dari seluruh kabupaten dan kota.

Jonli, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, mengatakan jumlah tersebut masih jauh dari kuota yang diberikan pemerintah pusat sebanyak 92.893 orang. Dengan demikian, masih tersisa 67.097 orang lagi yang bisa mendaftar Kartu Prakerja dari Provinsi Riau.

"Kementerian menyampaikan paling lambat 4 April kemarin [sudah dikirimkan], dan yang kami terima baru 25.796 orang. Kami kirimkan dulu berapa yang ada. Kalau nanti masih ada yang mendaftar kami tampung lagi dan dikirimkan lagi ke pusat," kata Jonli, seperti dikutip dari Laman Resmi Pemkot Pekanbaru, Selasa (7/4/2020).

Adapun, data tenaga kerja penerima Kartu Prakerja tersebut juga termasuk pekerja yang kehilangan pekerjaan akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan mewabahnya virus corona (COVID-19).

Seluruh data penerima Kartu Prakerja, lanjut Jonli, akan diverifikasi dan dikirimkan ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

“Ini data pertama yang kami terima dari kabupaten/kota dan pendaftaran secara online. Termasuk dari bidang pengawasan perusahaan dari Disnaker. Jadi, kalau administrasinya lengkap dan benar, selanjutnya akan disetujui oleh Kemenaker,” jelas Jonli.

Dirinya mengingatkan bahwa kategori penerima Kartu Pekerja tersebut harus berusia di atas 18 tahun dan bisa juga untuk pekerja yang kena PHK dari perusahaan akibat pembatasan sosial karena COVID-19.

Untuk pekerja yang terkena PHK, Jonli mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi untuk memastikan yang bersangkutan benar-benar terkena PHK per Maret 2020 saat dikeluarkannya imbauan pembatasan sosial dari pemerintah.

“Data itu yang kami minta harus ada KTP dan nomor induk kependudukan, nomor handphone, dan email-nya, termasuk perusahaannya,” jelas Jonli.

Setelah data lengkap dan mendapat persetujuan dari Kemenaker, para pendaftar Kartu Prakerja akan dimintakan nomor rekening untuk mendapatkan bantuan senilai Rp600.000 selama 4 bulan ke depan.

Adapun, pemerintah pada Jumat (20/3/2020) resmi meluncurkan Kartu Prakerja sebagai solusi alternatif bagi masyarakat yang terdampak virus corona atau COVID-19 untuk mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling).

Berikut rincian data usulan penerima Kartu Prakerja di Provinsi Riau: 

Kabupaten/Kota

Jumlah (orang)

Kabupaten Bengkalis

235

Kabupaten Indragiri Hilir

743

Kabupaten Pelalawan

396

Kota Pekanbaru

2.597

Kabupaten Indragiri Hulu

817

Kabupaten Kampar

96

Kabupaten Kuantan Singingi

118

Kabupaten Kepulauan Meranti

102

Kota Dumai (BLK)

1.330

Kabupaten Rokan Hulu

3.141

Kabupaten Siak

Data digabung dengan data Bidang Pengawasan (Perusahan)

Formulir melaui pendaftaran online (https://forms.gle/Fv4ERwziD5ksHJu9A)

9.276

Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Riau

5.121

Bidang Pengawasan (Perusahaan) 1.824 orang

1.824

TOTAL

25.796

Sumber: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper