Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus COVID-19 di Riau Bertambah, Pemerintah Perkuat Kapasitas Rumah Sakit Rujukan

Pemerintah Provinsi Riau akan memperkuat kapasitas di tiga rumah sakit rujukan untuk menangani pasien ODP, PDP, maupun positif COVID-19 yang memiliki gejala berat. Adapun, kasus COVID-19 di Riau terus bertambah seiring dengan ramainya masyarakat yang baru kembali dari daerah terjangkit.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU—Pemerintah Provinsi Riau akan memperkuat kapasitas di tiga rumah sakit rujukan untuk menangani pasien ODP, PDP, maupun positif COVID-19 yang memiliki gejala berat. Adapun, kasus COVID-19 di Riau terus bertambah seiring dengan ramainya masyarakat yang baru kembali dari daerah terjangkit.

Syamsuar, Gubernur Riau, mengatakan bahwa ketiga rumah sakit itu terdiri dari RSD Madani, RSJ Tampan, dan RSUD Petala Bumi yang berada di Kota Pekanbaru. 

Saat ini, Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan sebanyak 44 rumah sakit yang tersebar di Bumi Lancang Kuning sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani virus COVID-19.

“Ada 3 rumah sakit yang kami tambah kekuatan. Tujuan kami kalau nanti banyak yang berkaitan dengan positif, ketiga rumah sakit rujukan ini sudah siap. Kan ada yang [gejala] berat, sedang, dan ringan. [Kalau] yang ringan itu bisa di balai-balai. Tapi yang berat dan sedang tidak bisa,” ujar Syamsuar melalui video conference, Sabtu (4/4/2020).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau per 4 April 2020, terdapat 19.604 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan 3.779 di antaranya telah selesai pemantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 147 orang dengan 77 orang masih ditawat, 66 orang telah sehat dan dipulangkan, sementara 4 orang lainnya meninggal.

Sementara kasus terkonfirmasi COVID-19 tercatat sebanyak 10 orang pasien positif. Sebanyak 1 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan sementara 9 orang lainnya masih dirawat.

“[Data] itu berkembang terus. Untuk ODP, perlu dimaklumkan oleh masyarakat yaitu semua orang yang masuk ke Provinsi Riau dari daerah terjangkit [zona merah] dan dari negara terjangkit seperti TKI kita dari Malaysia itu semua dikategorikan ODP,” jelas Syamsuar.

Dengan terus meningkatnya ODP, PDP, maupun pasien positif COVID-19 di Riau, Syamsuar mengajak agar masyarakat selalu waspada tetapi tidak perlu panik berlebihan. Masyarakat tetap diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Saat ini, lanjut Syamsuar, para pasien positif COVID-19 berada di sejumlah kabupaten dan kota yaitu di Bangkinang, Pelalawan, Pasir Pengaraian, Duri, Dumai, dan Pekanbaru.

“Untuk saat ini, dari rekan-rekan atau saudara kita yang sekarang positif terjangkit Corona ini, saat ini kami melihat adalah berada di 6 daerah. Jadi bukan di Kota Pekanbaru saja,” ujar Syamsuar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler