Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Beroperasi, Rumah Sakit GL Tobing di Deliserdang Khusus Tangani PDP

Rumah Sakit GL Tobing di Tanjung Morawa, Deliserdang telah beroperasi sejak Sabtu (28/3/2020). Rumah sakit milik PTPN II itu, khusus merawat Pasien dalam Pengawasan (PDP) terkait Covid-19.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Rumah Sakit GL Tobing di Tanjung Morawa, Deliserdang telah beroperasi sejak Sabtu (28/3/2020). Rumah sakit milik PTPN II itu, khusus merawat Pasien dalam Pengawasan (PDP) terkait COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit menyampaikan mulai beroperasinya RS GL Tobing setelah ketersediaan logistik seperti baju antivirus, sarung tangan karet, sarung tangan trasti protect, helm, kacamata pelindung, sepatu boot safety dan masker N95, tercukupi. Rumah sakit ini memiliki kapasitas 49 kamar.

"Hanya untuk PDP saja. PDP yang masuk juga rujukan dari rumah sakit lain dan mendapat konfirmasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip pada Minggu (29/3/2020).

Setelah RS GL Tobing, Pemprov Sumut tengah menyiapkan rumah sakit rujukan dan tempat isolasi PDP lainnya. Sejumlah rumah sakit dan gedung yang sedang disiapkan seperti RS Martha Friska 1 dan 2, RS Sari Mutiara, RS Haji Medan, Asrama Haji Medan, Wisma Atlet, BPSDM Sumut, Siti Hajar, SPN Sampali Sumut, hotel dan lainnya.

"Setelah logistik disalurkan, RS dan tempat isolasi lain akan segera menyusul," imbuhnya.

Hingga Minggu (29/3/2020) pukul 17.00 wib, jumlah kasus positif COVID-19 di Sumut tercatat 14 orang, di antaranya 12 orang saat ini masih dirawat dan 2 orang meninggal dunia. Adapun, jumlah Pasien dalam Pengawsan (PDP) sebanyak 77 orang. 

Sementara itu, jumlah ODP tercatat 2.556 orang. Jumlah ODP yang berkurang dari hari sebelumnya sebesar 4.064 orang, karena menyesuaikan kriterita ODP yang tercantum dalam revisi ke-4 Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper