Bekerja dari Rumah: Konsumsi Data di Sumatra Bagian Selatan Naik

Operator telekomunikasi di Sumatra Bagian Selatan mencatat peningkatan konsumsi data selama sepekan terakhir atau masa aturan bekerja dari rumah, work from home atau WFH.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  15:45 WIB
Bekerja dari Rumah: Konsumsi Data di Sumatra Bagian Selatan Naik
Masyarakat di Sumatra Bagian Selatan memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi untuk bekerja dari rumah. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG - Operator telekomunikasi di Sumatra Bagian Selatan mencatat peningkatan konsumsi data selama sepekan terakhir atau masa aturan bekerja dari rumah, work from home atau WFH.

Corporate Communication Telkomsel Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) Gumilar HN Ali mengatakan penggunaan (payload) data tumbuh 9,54 persen dibandingkan kondisi normal. 

“Peningkatan itu kami catat sejak WFH berlaku pada Senin (16/3/2020). Hal ini menunjukkan pelanggan lebih banyak menggunakan koneksi data [internet] selama beraktivitas di rumah,” kata Gumilar kepada Bisnis, Rabu (25/3/2020).

Gumilar memaparkan konsumsi data pelanggan operator tersebut di Sumbagsel mencapai 2,02 pentabyte (pb) dari semula 1,85 pb.

Sementara untuk konsumsi layanan voice dan SMS tidak mengalami perubahan signifikan, bahkan cenderung turun. Apalagi, kata dia, saat ini pelanggan dapat melakukan panggilan melalui aplikasi pesan instan, seperti whatsapp.

Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatra Hadi Sucipto menambahkan pihaknya telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan .

“Ini telah kami lakukan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya belajar dan bekerja dari rumah,” papar Hadi.

Hadi melanjutkan, pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan Covid-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait.

Sementara itu VP-Head of Sales Southern Sumatera Indosat Ooredoo Mgs Moh. Ali Safitri mengatakan pihaknya juga mencatat terjadinya peningkatan konsumsi data selama masa WFH.

“Peningkatannya sekitar 15 persen. Kami terus memantau ketersediaan jaringan untuk kenyamanan pelanggan,” kata Ali kepada Bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operator telekomunikasi, Work From Home

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top