Gandeng RS Swasta, Riau Perbanyak Rumah Sakit Rujukan Corona

Untuk di Kota Pekanbaru, setidaknya ada 6 rumah sakit swasta yang telah bersedia menjadi tempat rujukan bagi warga yang mengalami gejala terinfeksi COVID--19.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  12:13 WIB
Gandeng RS Swasta, Riau Perbanyak Rumah Sakit Rujukan Corona
Ilustrasi-Tenaga medis bersiap untuk mengevakuasi seorang pasien yang tiba dengan ambulans di rumah sakit di Brescia, Italia, Jumat (13/3/2020). - Bloomberg/Francesca Volpi

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menggandeng rumah sakit swasta untuk menangani pasien terduga maupun positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19. 

Untuk di Kota Pekanbaru, setidaknya ada 6 rumah sakit swasta yang telah bersedia menjadi tempat rujukan bagi warga yang mengalami gejala terinfeksi Covid-19.

M. Noer, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, mengatakan ada empat rumah sakit di Riau yang telah ditunjuk Kementerian Kesehatan untuk menangani pasien terduga maupun positif Corona.

“Satu [rumah sakit] ada di Pekanbaru yaitu RSUD Arifin Achmad. Gubernur juga beri keputusan bahwa setiap kasus tidak langsung dibawa ke RSUD Arifin Achmad, dirujuk dulu ke RS swasta” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru M Noer MBS, Selasa (17/3/2020). 

Adapun rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru yang telah ditunjuk Gubernur adalah RS Awal Bros, RS Ibnu Sina, RS Santa Maria, dan RS Eka Hospital. Selanjutnya RSD Madani juga sedang disiapkan untuk menjadi rujukan.

RS Bhayangkara dan RS Tentara juga bersedia untuk menerima pemeriksaan pasien dengan gejala Corona.

"Protapnya jika ditemukan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, bawa ke RS swasta yang ditunjuk dan akan diteliti," imbuh M. Noer.

Noer menambahkan bahwa Kota Pekanbaru harus lebih waspada. Pasalnya, pasien suspect Corona yang terdata lebih banyak berada di Pekanbaru. Dari data terakhir, Provinsi Riau memiliki 17 suspect Corona dan 10 di antaranya berada di Pekanbaru.

Adapun, 9 orang dari suspect tersebut telah dinyatakan negatif, sisanya masih menunggu hasil lab yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

M. Amin, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, menambahkan bahwa Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani telah menyiapkan ruang isolasi dan tim khusus untuk menangani kasus Corona.

"Di sana sudah kita siapkan tim khusus untuk menangani langsung. Masyarakat yang merasa terpapar seperti gejala Corona, bisa memeriksa kesehatannya di sana,” kata Amin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Virus Corona

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top