Warga Kepri Positif Virus Corona, Ini Riwayat Perjalanannya

Seorang warga Kepulauan Riau yang berencana berobat ke Malaysia, ternyata mendatangkan penyakit baru padanya, yakni infeksi virus corona (Covid-19).
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  23:04 WIB
Warga Kepri Positif Virus Corona, Ini Riwayat Perjalanannya
Pengunjung memakai masker saat mengamati karya lukis dan karikatur pada pameran bertajuk Masker di Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/3/2020). Pameran tersebut sebagai bentuk ekspresi seniman untuk mengajak masyarakat turut mendoakan dan memberi dukungan bagi pasien yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona serta menghormati hak pribadinya. ANTARA FOTO - Maulana Surya

Bisnis.com, BATAM - Seorang warga Kepulauan Riau tercatat pasien virus corona (Covid-19) memiliki catatan perjalanan ke Malaysia.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau (Kepri), Tjetjep Yudayana membenarkan telah ada seorang warga Kepri yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (17/3/2020). Warga tersebut memiliki riwayat perjalanan ke negeri jiran Malaysia.

Tjetjep menjelaskan bahwa perjalanan warga Kepri ini dilakukan sejak 5 Maret 2020, dimana dia berkunjung ke negara tetangga, Malaysia untuk melakukan pengobatan melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura.

"Di hari yang sama, orang tersebut menjalani proses pemeriksaan di sebuah balai pengobatan di Johor Bahru, Johor terkait dengan penyakit hipertensi dan tiroid yang dideritanya sekitar pukul 12.00 waktu setempat," kata Tjetjep saat dihuhungi pada Selasa (17/3).

Usai menjalani pemeriksaan, orang tersebut kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Situlang Laut, Malaysia ke Sri Bintan Pura. Kemudian, dia tiba di Tanjungpinang sekitar pukul 16.30 WIB.

Pada 10 Maret 2020, orang yang melakukan perjalanan tersebut mengalami gejala pilek dan mual. Dia pun diduga terinfeksi terpapar virus corona.

Kemudian, dia menjalani pengobatan di satu rumah sakit di Tanjungpinang pada 12 Maret, saat itu kondisinya semakin menurun.

Tanggal 13 dengan kondisi semakin melemah, yang bersangkutan menjalani perawatan di rumah sakit. Dua hari kemudian atau tanggal 15 Maret diambil spesimen laboratorium dan dikirim ke Jakarta. "Hari ini (Selasa, 17 Maret) dinyatakan positif," kata Tejetjep lagi.

Saat ini yang bersangkutan telah mendapat perawatan sesuai standar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT), Kota Tanjungpinang, Kepri.

"Kami sudah lakukan langkah-langkah, keluarga sudah kita tracing ada 20 orang sudah diisolasi di guest house RSUD, sudah dilayani tim medis," kata Tjetjep lagi.(K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, kepulauan riau, Virus Corona, covid-19

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top