Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Hiraukan kasus Corona, Sumut Fair Incar Transaksi Rp100 Miliar

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara tetap menggelar Pekan Raya Sumatra Utara (PPSU) atau Sumut Fair 2020 mulai 20 Maret mendatang, di tengah penyebaran virus corona.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  18:25 WIB
Tak Hiraukan kasus Corona, Sumut Fair Incar Transaksi Rp100 Miliar
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi (kiri) bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara tetap menggelar Pekan Raya Sumatra Utara (PPSU) atau Sumut Fair 2020 mulai 20 Maret mendatang, di tengah penyebaran Virus Corona.

Nilai transaksi sepanjang kegiatan tahunan itu, ditargetkan dapat mencapai Rp100 miliar, naik hampir dua kali lipat dari realisasi tahun lalu sebesar Rp57 miliar. Adapun, jumlah pengunjung ditarget dapat mencapai 1 juta orang.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berharap Sumut Fair dapat menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Terkait penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang belakangan membuat khawatir masyarakat, dia berharap keadaan tersebut tidak menjadi penghalang masyarakat untuk mengunjungi Sumut Fair.

"Tak perlu merespons dengan cemas yang berlebihan, jangan sampai ekonomi rakyat terpengaruh. Ini harus dijadikan moment untuk meningkatkan ekonomi rakyat, memasarkan produk UMKM Sumut dan menjadi tempat hiburan warga Sumut," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip pada Jumat (13/3/2020).

Penyelenggaraan Sumut Fair bakal digelar di Kabupaten Batu Bara pada 20 Maret-20 April 2020. Kegiatan tahunan tersebut dikelola oleh BUMD, PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU).

Direktur Utama PPSU Amir Makmur Nasution mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus corona.

Sejumlah langkah pencegahan seperti di setiap pintu masuk Sumut Fair bakal dipasang thermal scanner. PPSU juga memberikan surat edaran kepada peserta Sumut Fair untuk menyediakan hand sanitizer di setiap stan pameran.

"Karena ini [corona] sudah menjadi isu global, kita turut melakukan langkah pencegahan," katanya kepada Bisnis pada Jumat (13/3/2020).

Peserta Sumut Fair di antaranya pelaku UMKM sebanyak 59 UMKM, perbankan, serta beberapa konjen negara sahabat.

Dalam penyelenggaraan yang berlangsung selama sebulan ini, pihaknya menargetkan nilai transaksi dapat mencapai Rp100 miliar. Angka tersebut naik hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya sebesar Rp57 miliar.

Di tengah penyebaran Virus Corona, Sumut Fair diyakini bakal tetap ramai didatangi pengunjung. Pihaknya memasang target realistis 700.000 pengunjung pada tahun ini.

"Targetnya 1 juta pengunjung. Walaupun realisasiya berharap sekitar 700.000 orang sudah bagus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut sumatra utara
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top